Manfaat dan Teknik Yoga untuk Si Ibu Hamil

by
May 14th, 2013 at 4:10 pm
Ist

Ist

CiriCara.comIbu hamil sangat disarankan untuk melakukan olahraga. Olahraga bisa membuat tubuh bugar dan melatih kekuatan menjelang persalinan. Namun, olahraga yang dilakukan bukanlah olahraga yang berat. Salah satu olahraga yang sangat disarankan untuk ibu hamil adalah senam yoga.

Ibu hamil biasanya akan merasakan sakit yang bemacam-macam. Mulai dari rasa tegang, otot tubuh kaku, serta pegal-pegal karena berat badan bertambah. Berbagai gangguan tersebut bisa muncul kapan saja sehingga membuat ibu hamil tidak merasa nyaman. Untuk mengatasi masalah tersebut, ibu hamil juga disarankan untuk melakukan yoga.

Selain untuk mengurangi ketegangan dan melemaskan otot, masih ada manfaat lain yang bisa didapat ibu hamil jika melakukan senam yoga. Apa saja? Berikut manfaat yoga untuk si ibu hamil:

1. Membantu untuk bernapas dan bersantai

Yoga untuk kehamilan sangat menguntungkan karena membantu si ibu untuk bernapas dan bersantai pada saat proses melahirkan. Selain itu, yoga juga membantu menyesuaikan tuntutan fisik kehamilan, seperti nyeri persalinan dan kelahiran.

2. Menenangkan pikiran dan tubuh

Melakukan yoga pada saat hamil juga membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Ibu hamil seringkali merasakan cemas . Untuk mengatasi kecemasan itu, salah satu caranya adalah melakukan senam yoga. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindar dari stres.

3. Mengurangi lebam

Dengan melakukan yoga untuk ibu hamil, diharapkan bisa mengurangi lebam-lebam yang biasa muncul di sekitar persendian.

Ist

Ist

Itulah manfaat yang bisa didapat jika melakukan yoga pada saat hamil. Yoga untuk ibu hamil berbeda denhgan yoga yang dilakukan oleh orang tidak hamil. Biasanya, gerakan yoga untuk ibu hamil tidak ada gerakan berputar, meloncat, menendang, atau kayang. Gerakan yoga yang dilakukan untuk ibu hamil lebih halus dan berirama yang mengutamakan pernapasan dan relaksasi otot tubuh.

Berikut teknik atau gerakan senam yoga untuk ibu hamil:

1. Duduk bersila

Untuk melakukan yoga dengan teknik duduk bersila, sediakan selembar matras yang cukup nyaman dan luna untuk Anda duduki. Yoga dengan duduk bersila yaitu dengan meletakkan kedua tangan pada sisi tubuh dengan siku yang lurus dan telapak tangan menempel pada lantai. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Anda bisa melakukannya berulang kali. Setelah itu, angkat kedua tangan dari samping tubuh ke arah kepala sambil menarik napas dan satukan telapak tangan di atas kepala. Sambil menurunkan tangan secara perlahan ke bagian depan tubuh, hembuskan napas.

2. Berbaring

Gerakan ini dilakukan dengan berbaring pada kedua kaki menumpu ke dinding. Letakkan kedua tangan pada samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas. Pejamkan mata untuk memberikan rasa rileks. Lalu, tarik napas perlahan dan angkat panggul perlahan dari lantai. Hembuskan napas perlahan-lahan sambil menurunkan kembali panggul Anda.

3. Merangkak dengan kedua siku lurus

Teknik ketiga yang bisa Anda lakukan adalah merangkak. Ambilah posisi merangkak dengan siku tangan lurus. Arahkan pandangan lurus ke depan dengan kepala terangkat dan punggung rata. Tarik napas perlahan sambil melengkungkan punggung ke arah dalam. Lalu, hembuskan napas perlahan sambil kembali meluruskan punggung ke posisi semula. Anda bisa melakukan gerakan itu berulang-ulang dalam hitungan yang ditentukan.

Itulah manfaat dan teknik yoga untuk si ibu hamil. Dengan melakukan yoga dengan teknik yang benar, kestabilan emosi selama kehamilan bisa terjaga, kecemasan berkurang, dan mengurangi keluhan sakit pinggang, nyeri sendi, serta morning sickness yang biasa menyerang ibu hamil. Bagaimana, Anda ingin melakukan senam yoga pada saat hamil?

(NR)

Comment di sini