7 Persiapan Wajib Sebelum Pergi Camping

by
May 15th, 2013 at 4:54 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Berkemah atau camping merupakan kegiatan yang asyik dilakukan sendiri atau bersama teman-teman. Dengan pergi camping, Anda dan teman-teman jadi bisa menikmati keindahan alam dan menghargai alam yang diberikan Tuhan kepada manusia.

Biasanya orang akan pergi camping ke gunung. Di sana Anda bisa melihat berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum pergi camping.

Tujuannya adalah agar pada saat menuju atau tiba di lokasi Anda tetap merasa aman dan nayaman. Lalu, apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan itu? Berikut 7 persiapan wajib sebelum pergi camping:

1. Observasi kecil-kecilan sebelum camping

Sebelum berkemah, pastikan dahulu lokasi yang akan Anda datangi. Jangan berkemah di daerah yang rawan banjir atau lahar dari gunung api karena bisa membahayakan diri sendiri dan teman-teman Anda. Untuk itu, lakukanlah observasi kecil-kecilan dahulu sebelum berangkat ke tempat tujuan demi keamanan Anda dan teman-teman.

2. Membawa peralatan yang dibutuhkan

Pastikan Anda membawa semua peralatan yang nantinya dibutuhkan pada saat camping. Misalnya, tenda, alas tidur, selimut, lampu badai, alat masak, dan lain sebagainya. Semua peralatan itu sangat penting dibawa demi kenyamanan dan keamanan Anda pada saat di lokasi nanti.

3. Membawa persediaan makanan

Anda tak ingin kan merasa kelaparan saat berkemah? Untuk itu, pastikan Anda membawa persediaan makanan, seperti roti, sarden, mi instan, dan bebagai makanan yang mudah disajikan lainnya.

Ist

Ist

4. Pastikan membawa cukup air putih

Berkemah atau camping biasanya dilakukan banyak orang dengan pergi ke gunung. Untuk mencapai ke sana, tentunya akan mendaki dan membuat Anda kelelahan. Untuk itu, pastikan Anda membawa air putih yang cukup. Namun, jangan juga terlalu banyak karena bisa membuat Anda kesulitan nantinya. Jika kekurangan air, maka Anda juga bisa mengambilnya di danau yang ada di sekitar lokasi.

5. Membawa obat-obatan

Obat-obatan juga sangat penting dibawa jika Anda ingin berkemah. Bawalah berbagai obat-obatan, seperti obat sakit kepala, maag, meriang, serta tabung oksigen kecil. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengantisipasi semua hal buruk yang mungkin terjadi.

6. Jangan lupa membawa garam

Garam juga perlu dibawa untuk menghindari serangan ular dan binatang-binatang lainnya. Anda bisa menyebarkan garam di luar tenda untuk menghindari serangan dari binatang.

7. Membawa hal-hal kecil lainnya

Jika sudah membawa keenam hal tersebut, maka pastikan juga Anda membawa beberapa hal kecil dan penting lainnya. Hal-hal kecil yang perlu Anda bawa, seperti lotion pengusir nyamk, kompas, payung, dan lain sebagainya.

Itulah 7 persiapan sebelum Anda pergi berkemah. Namun, yang lebih penting dari itu adalah Anda harus menyiapkan fisik. Pastikan kondisi Anda sehat pada saat itu agar camping terasa menyenangkan. Bagaimana, Anda memiliki rencana untuk pergi camping bersama teman-teman?

(NR)

Comment di sini