Akhirnya UN SD dan MI Ditiadakan Mulai Tahun Depan

by
May 15th, 2013 at 10:16 am
Ist.

Ist.

Jakarta (CiriCara.com)Polemik Ujian Nasional masih terus berlanjut hingga hari ini. Meski masyarakat sudah resah dengan adanya Ujian Nasional (UN), namun keputusan dan kelanjutan tentang syarat mutlak kelulusan siswa ini belum juga menemui titik terang.

Tetapi di tengah pro dan kontra Ujian Nasional, akhirnya Presiden bersedia menandatangani keputusan tentang peniadaan UN bagi siswa SD/MI dan sederajat.

Dilansir dari MetroTVnews.com, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) No 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada tanggal 7 Mei 2013 lalu.

Peraturan Pemerintah itu menegaskan bahwa Ujian Nasional (UN) SD/MI sederajat mulai tahun ajaran 2013/2014 dihapuskan.

Penghapusan Ujian Nasional ini juga dikemukakan oleh anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP), Teuku Ramli Zakaria yang menegaskan bahwa pihaknya telah menerima PP tersebut.

”Ya, tahun ini UN SD/MI merupakan yang terakhir jadi tidak lagi ada UN tahun depan namun UN SMP dan SMA tetap ada,“ kata Teuku Rafli seperti dikutip oleh sumber berita.

Rafli juga mengatakan bahwa payung hukum perubahan Peraturan Pemerintah (PP) itu didasarkan pada UU Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas).

Penghapusan UN setingkat SD dan MI ini sejalan dengan penerapan kurikulum 2013 yang mulai diimplementasikan pada tahun ajaran 2013 dan 2014 mulai Juli 2013 nanti. UN SD dan MI juga dihapuskan terkait dengan kerangka dasar wajib belajar (Wajar) 9 tahun yang merupakan hak setiap warga negara.

M. Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, membenarkan adanya PP 32/ 2013 tentang penghapusan UN pada SD dan MI. Namun, pembahasan secara tuntas akan dituntaskan dalam konvensi nasional Ujian Nasional (UN) yang akan digelar pada September 2013 nanti.

Banyak pihak menilai bahwa penghapusan UN SD dan MI ini sudah merupakan keharusan karena setiap warga negara berhak untuk mengikuti program wajib belajar 9 tahun dan 12 tahun.  (RN)

Comment di sini