Daftar Terbaru Kosmetik Berbahaya di Indonesia

by
Ist

Ist

CiriCara.com – Memakai kosmetik merupakan salah satu cara wanita untuk membuatnya jadi terlihat cantik. Namun, Anda disarankan untuk pintar-pintar memilih kosmetik mana yang tepat untuk dipakai. Saat ini, banyak kosmetik yang dijual di pasaran mengandung merkuri dan bahan berbahaya lainnya.

Terakhir pada akhir tahun 2012, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) memberikan informasi mengenai daftar kosmetik yang berbahaya. Kosmetik yang tidak layak edar itu sudah ditarik peredaran dan dimusnahkan. Akan tetapi, Senin (13/05) BPOM lagi-lagi menemukan kosmetik berbahaya.

Dilansir dari Antaranews.com, BPOM menemukan 17 jenis kosmetik yang mengandung bahan berbahaya atau yang dilarang edar. Menurut BPOM, kosmetik tersebut mengandung merkuri atau raksa, hidrokinon, dan asam retinoat yang mana memiliki efek memutihkan.

Jika kosmetik berbahaya itu dipakaikan ke wajah, maka akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, seperti iritasi kulit, pengikisan kulit, dan kerusakan ginjal. Beberapa kosmetik yang berbahaya itu bukan hanya di jual toko-toko kecantikan, tetapi juga di media sosial, klinik kecantikan, dan salon dengan harga yang tidak murah.

Untuk itu, BPOM mengimbau agar masyarakat Indonesia khsusnya para wanita tidak memakai kosmetik berbahaya tersebut. Lalu, apa saja kosmetik yang berbahaya itu? Dilansir sumber yang sama, inilah produk kecantikan berbahaya yang ditemukan oleh BPOM:

Produk kecantikan merek Tabita

1. Tabita Daily Cream
2. Tabita Nightly Cream
3. Tabita Skin Care Smooth Lotion

Ist
Ist

Produk kecantikan merek Green Alvina

4. Herbal Clinic “Green Alvina” Walet Cream Mild Night Cream
5. Green Alvina Night Cream Acne

Produk kecantikan merek Chrysant

6. Chrysant 24 Skin Care Pemutih Ketiak
7. Chrysant 24 Skin Care Cream Malam Jasmine
8. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1
9. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.2
10. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1

Produk kecantikan merek Hayfa

11. Hayfa Sunblock Acne Cream Natural Pagi-Sore
12. Hayfa Acne Morning Pagi-Sore

Produk kecantikan merek dr. Nur Hidayat,SpKK

13. Acne Lotion dr. Nur Hidayat,SpKK
14. Cream Malam Prima 1 dr. Nur Hidayat,SpKK
15. Acne Cream Malam dr. Nur Hidayat,SpKK

Produk kecantikan merek Cantik

16. Cantik Whitening Vit. E Night Cream
17. Cantik Whitening Vit. E Day Cream

“Tindak lanjut yang dilakukan terhadap temuan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dan larang edar itu telah dilakukan penarikan dan dimusnahkan,” kata kepala BPOM, Lucky S. Slamet kepada Antaranews.com.

Sebagai wanita yang sering memakai produk-produk kecantikan, alangkah baiknya untuk cermat memilih produk mana yang akan dipakai. Pastikan produk kecantikan itu memiliki nomor registrasi dari BPOM. (NR)


comments powered by Disqus