5 Cara Sehat Agar Panjang Umur

by
May 16th, 2013 at 11:30 am
Ist

Ist

CiriCara.comMemiliki umur yang panjang dan tubuh yang sehat tentunya menjadi impian hampir sebagian besar orang. Benarkah? Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya harus dimulai dari diri sendiri.

Anda harus rajin mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki pola hidup sehat lainnya. Ketahuilah bahwa menerapkan hidup sehat seperti itu bisa membuat Anda terhindar dari beberapa penyakit kronis yang bisa mematikan, seperti jantung, kanker, diabetes, dan penyakit lainnya.

Bagi Anda yang ingin memiliki umur lebih panjang, sebaiknya biasakanlah diri untuk selalu hidup sehat. Bagaimana caranya? Dilansir dari Female.Kompas.com, inilah 5 cara sehat agar panjang umur:

1. Mengonsumsi sayuran dan buah

Segala jenis sayuran dan buah-buahan memang sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketahuilah bahwa orang yang lebih sering mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang berwarna bisa mencegah datangnya berbagai penyakit kronis. Dengan terhindar dari beberapa penyakit kronis, tentunya Anda akan lebih panjang umur.

Berbagai macam warna sayuran dan buah-buahan menunjukkan kandungan nutrien dan antioksidan yang berbeda sehingga memberikan manfaat yang berbeda juga. Semakin banyak jenis buah dan sayur yang Anda konsumsi, semakin sehat juga tubuh Anda.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung EPA dan DHA

EPA atau asam eikosapentaeonik dan DHA atau asam dokosaheksaeonik merupakan kandungan yang bisa membuat Anda jadi awet muda. Jika ingin terlihat awet mudah memiliki umur panjang, maka Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan yang mengadung EPA dan DHA. Apa saja makanan itu? Makanan itu, antara lain ikan salmon, tuna, halibut, mackerel, dan sarden. Ketahuilah bahwa orang yang dalam aliran darahnya memiliki kandungan EPA dan DHA yang lebih tinggi memiliki risiko rendah untuk terkena jantung dan laju penuaan kromosom yang lambat.

Ist

Ist

3. Meminum teh hijau

Teh hijau bisa membantu menghilangkan tumpukan lemak berlebih yang menyebabkan percepatan proses penuaan. Kebiasan meminum teh hijau juga dilakukan oleh masyarakat Jepang. Menurut hasil penelitian, antioksidan catechin dan senyawa EGCG di dalam teh hijau mempercepat metabolisme tubuh manusia. Selain itu, meminum teh hijau juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan osteoporosis.

4. Rajin menggosok gigi

Bukan hanya baik untuk kesehatan gigi dan mulut, tapi juga menggosok gigi secara teratur bisa bikin Anda panjang umur. Menggosok gigi bisa menghilangkan bakteri yang menyebabkan keropos. Jika tak dibersihkan, maka bakteri bisa bertambah banyak dan memasuki aliran darah sehingga menyebabkan inflamasi dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, Anda juga bisa terkena penyakit kronis lain jika tak rajin menggosok gigi.

5. Aktif bergerak

Orang yang tidak aktif bergerak bisa menyebabkan tubuh kehilangan masa otot yang mempercepat proses penuaan. Ketahuilah bahwa perubahan yang terjadi akibat umur pada otot bisa diperlambat dengan banyak bergerak. Untuk itu, dalam satu hari pastikan Anda menggerakkan tubuh atau berolahraga ringan.

Itulah cara sehat agar panjang umur. Pada intinya, Anda harus selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya dan membuat umur Anda menjadi lebih panjang. (NR)

Comment di sini