Cara Aiptu Labora Samarkan Transaksinya di Rekening

by
May 16th, 2013 at 4:05 pm

Aiptu Labora SitorusJakarta (CiriCara.com) – Misteri transaksi mencurigakan di rekening milik Aiptu Labora Sitorus akhirnya mulai terbongkar. Transaksi bernilai Rp 1,5 triliun itu dilakukan Aiptu Labora dengan beberapa trik agar tidak bisa dilacak. Bagaimana cara Labora melakukannya?

Direksus Mabes Polri Brigjen Pol Arief Sulistyanto mengungkapkan bahwa Labora Sitorus (LS) melakukan transaksi dengan identitas palsu. Dalam identitas yang digunakannya, Labora tidak menyertakan profesinya yang merupakan seorang polisi.

“LS menggunakan nama dia sendiri tapi ada identitas yang bukan anggota Polri. Di dalam semua transaksi tidak menggunakan atas nama LS tapi perusahaan,” jelas Arief di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (16/5/2013).

Adapun perusahaan milik Labora itu adalah PT Seno Adi Wijaya, bergerak dalam bidang bisnis bahan bakar minyak (BBM) dan PT Rotua, bergerak dalam bidang bisnis kayu. Dari dua perusahaan ini, polisi juga menemukan adanya pelanggaran berupa penimbunan BBM.

“Harus dibedakan rekening dia pribadi dan rekening usaha bisnis yang bersangkutan,” tutur Arief.

Transaksi mencurigakan Aiptu Labora mulai terungkap setelah PPATK mencurigai uang Rp 1,5 triliun yang masuk ke rekening pria bertubuh gemuk itu. Labora yang bertugas di Polres Sorong, Papua, itu pun langsung ditetapkan sebagai tersangka kasus pencucian uang.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, pihak Polda Papua pun langsung melakukan pemblokiran terhadap sejumlah rekening milik Labora. Sedikitnya, sudah ada 60 rekening terkait Labora dan perusahaannya yang telah diblokir.

Meskipun demikian, Labora tetap membantah dirinya mempunyai uang Rp 1,5 triliun di rekening miliknya. Labora mengaku hanya mempunyai Rp 4-5 miliar saja. Bahkan, Labora menegaskan bahwa dirinya siap memberikan semua rekening miliknya untuk diperiksa.

(YG)

Comment di sini