Cara Melihat Data E-KTP dengan Card Reader

by
May 16th, 2013 at 5:07 pm

data ektp

Jakarta (Ciricara.com)- Kartu Tanda Penduduk Indonesia versi elektronik atau yang lebih dikenal sebagai E-KTP biasa kita jadikan sebagai alat bukti tanda pengenal.

Informasi data E-KTP yang tertampil di kartu sering kali hanya direplika dengan cara foto copy. Ternyata informasi tersebut dapat juga dengan mudah dimuculkan dengan card reader .

Tehnik ini diperagakan dalam rapat kerja Komisi II DPR ketika Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar meminta dilakukan pengujian e-KTP.

Ketika e-KTP disambungkan dengan card reader bikinan Korea dan Amerika, hasilnya keluarlah semua data di dalam e-KTP tersebut. Data yang ada di dalam e-KTP malah lebih lengkap dari yang tercetak di kartu.

Data e-KTP yang muncul ketika dibaca oleh card reader adalah: Nama lengkap, NIK, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, golongan darah, status pernikahan, pekerjaan, agama. Selain data-data tersebut, ada juga tandatangan dan cap jari pemegang e-KTP.

Kegagalan membaca e-KTP dengan card reader juga terjadi pada saat pengujian ketika tim DPR menggunakan alat card reader lokal.

Dengan gampangnya cara menampilkan data dari e-KTP, sebaiknya kita sebagai para pemilik e-KTP lebih berhati-hati jika diminta e-KTP sebagai tanda bukti karena data-data tersebut bisa saja disalahgunakan. Jadi mulai sekarang jagalah e-KTP dan data e-KTP anda supaya tidak jatuh ketangan orang yang bermaksud jahat.

Comment di sini