Misteri Rekening Rp 1,5 Triliun Milik Aiptu Labora

by
May 16th, 2013 at 2:03 pm

PolisiJakarta (CiriCara.com) – Anggota Polres Sorong, Papua, Aiptu Labora Sitorus diduga melakukan transaksi mencurigakan dengan jumlah yang fantastis. Dalam waktu 5 tahun, dari 2007 hingga 2012, Aiptu Labora tercatat melakukan sejumlah transaksi dengan total nilai mencapai Rp 1,5 triliun di rekeningnya.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) pun sudah mencurigai transaksi Aiptu Labora itu. Pasalnya, sebagai seorang polisi berpangkat Aiptu, Labora diperkirakan hanya menerima gaji Rp 2-3 juta saja. Jadi, sangat tidak mungkin Aiptu Labora bisa mendapatkan uang sebanyak itu dalam waktu yang singkat.

Lalu dari mana uang Rp 1,5 triliun itu berasal?

Menanggapi hal itu, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta pihak terkait untuk segera melakukan pengecekan transaksi tersebut. Petugas harus bisa segera melacak sumber dari aliran dana tersebut.

“Uang itu dari mana, tidak seperti kasus yang lain ini bukan korupsi, uang bisnis itu sah apa enggak, punya izin ga?” ujar Komisioner Kompolnas Hamidah, seperti dikutip dari Merdeka.com, Kamis (16/5/2013).

Hamidah pun mempertanyakan kinerja petugas yang menjadi atasan Aiptu Labora. Pasalnya, jika Labora mempunyai bisnis sampingan, itu artinya dia tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“Kalau dia (Labora) selama 5 tahun usaha dan sibuk dengan bisnisnya kapan dia kerja (sebagai polisi)? Apa pimpinannya tidak curiga?” lanjut Hamidah.

Meski bukan merupakan praktik korupsi, rekening gendut milik Aiptu Labora itu memang sangat mencurigakan. Apalagi, kabarnya Aiptu Labora itu terlibat dalam praktik bisnis ilegal yang melanggar hukum.

Dari mana sumber uang Rp 1,5 triliun milik Aiptu Labora itu? (YG)

Comment di sini