Tata Cara Puasa Rajab dan Hukumnya

by
May 16th, 2013 at 5:04 pm

Puasa RajabCiriCara.com – Berdasarkan kalender umat Islam, 1 Rajab 1434 Hijriah jatuh pada tanggal 11 Mei 2013. Bulan Rajab ini biasanya dimanfaatkan oleh sejumlah umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa. Mau tahu apa pahala orang yang berpuasa di bulan Rajab?

Puasa di bulan Rajab hukumnya adalah sunnah. Bagi Anda yang menjalankan tentu akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Sementara yang tidak berpuasa pada bulan Rajab tidak akan mendapat apa-apa.

Meskipun hukumnya sunnah, puasa di bulan Rajab ini sangat dinanti banyak umat muslim. Allah SWT sudah menyiapkan pahala yang sangat besar untuk orang yang melaksanakannya.

“Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya,” HR. AT-Thabrani dari Sa’id bin Rasyid.

Sementara itu, hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyatakan, “barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.”

Meskipun hukumnya sunnah, puasa di bulan Rajab ini banyak pahalanya. Untuk itu, janganlah kesempatan ini Anda sia-siakan begitu saja.

Berikut tata cara puasa di bulan Rajab:

1. Kapan mulai berpuasa?

Puasa di bulan Rajab sendiri tidak ditentukan tanggalnya, yang terpenting sudah masuk bulan Rajab. Jika ingin mendapat pahala yang lebih, Anda bisa mulai berpuasa pada tanggal 1 Rajab. Banyak yang menyebutkan, puasa pada 1 Rajab itu akan menghapuskan dosa selama 3 tahun.

2. Niat puasa di waktu makan sahur

Berikut doanya:
Niat Puasa

3. Menjauhi segala hal yang bisa membatalkan puasa

Agar puasa di bulan Rajab sempurna, maka Anda harus menjauh segala hal yang bisa membatalkan puasa. Mulai dari makan-minum dan menahan hawa nafsu. Terhitung sejak terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

4. Berbuka puasa

Jika waktu Maghrib tiba, itu artinya Anda boleh untuk membatalkan puasa atau biasa disebut berbuka puasa. Utamakan untuk menyantap makanan manis.

Itulah penjelasan singkat mengenai ibadah puasa sunnah di bulan Rajab. Semoga puasa bulan Rajab tahun 2013 ini bisa menambah pahala umat muslim yang menjalankannya.

(YG)

Comment di sini