Cara Agar Liburan Bersama Keluarga Jadi Menyenangkan

by
May 17th, 2013 at 1:46 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Pada saat anak-anak sedang libur sekolah, sebagai orangtua tentunya Anda ingin mengajaknya berlibur ke luar kota atau negeri. Namun, mengajak anak-anak berlibur terkadang bisa jadi sangat merepotkan dan banyak hal yang perlu dicemaskan. Kenapa?

Anda tentunya harus mempersiapkan segala keperluan anak dengan baik. Mulai dari pakaian hingga obat-obatan yang perlu dibawa. Belum lagi, jika anak merengek-rengek untuk minta dibawakan ini dan itu pada saat berlibur. Hal-hal tersebut bisa membuat Anda menjadi stres.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda dan pasangan harus merencanakan liburan dengan matang. Tujuannya adalah agar Anda dan keluarga tidak direpotkan lagi nantinya dan liburan akan jadi sangat menyenangkan. Tapi, bagaimana caranya?

Dilansir Sheknows.com, berikut cara agar liburan bersama keluarga jadi menyenangkan:

1. Merencanakan liburan lebih awal

Berlibur bersama keluarga bisa jadi merepotkan diri Anda sendiri. Anda harus memikirkan keperluan apa saja yang akan dibawa baik itu untuk diri sendiri dan juga anak-anak. Belum lagi Anda harus memilih tempat penginapan yang nyaman untuk keluarga. Agar semua itu bisa tertatasi dan liburan jadi menyenangkan, Anda perlu merencanakannya sejak jauh-jauh hari. Anda bisa mencatat berbagai keperluan yang akan dibawa nanti, mencari tempat penginapan di internet, dan hal-hal lainnya.

2. Membuat perencanaan biaya

Ist

Ist

Dikarenakan liburan bersama keluarga, tentunya Anda harus membuat perencanaan biaya terlebih dahulu. Rencanakanlah pengeluaran biaya perjalanan dengan matang. Simpan sebagian anggaran di bank dan sediakan uang tunai untuk memenuhi biaya tak terduga. Misalnya, makan siang, membeli air mineral, camilan, dan lain sebagainya.

3. Menyiapkan dokumen penting jauh-jauh hari

Anda perlu membuat fotokopi dokumen-dokumen penting, seperti paspor, informasi hotel tempat menginap, dan kartu kredit. Buatlah semua dokumen itu rangkap dua, satu untuk Anda dan satu lagi dititipkan pada kerabat. Tujuannya adalah membantu Anda jika terjadi masalah yang serius selama perjalanan. Agar tidak merepotkan, sebaiknya siapkan hal tersebut jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

4. Membawa mainan anak

Biasanya, anak-anak cenderung mudah bosan, terutama saat dalam perjalanan. Ketika sudah bosan, biasanya mereka akan kesal, banyak mengeluh, dan temperamental. Agar tidak merepotkan Anda dalam hal tersebut, sebaiknya bawalah beberapa mainan anak atau buku gambar. Dengan begitu, Anda tidak direpotkan lagi dengan si anak pada saat perjalanan maupun tempat liburan.

5. Membawa perlengkapan medis

Pada saat berlibur bersama keluarga, pastikan Anda membawa kotak P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) yang berisi antiseptik, plester, termometer, obat luka, dan obat mabuk perjalanan.

Itulah cara agar liburan bersama keluarga jadi menyenangkan. Pada intinya, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya secara matang agar liburan bersama pasangan dan anak-anak jadi berkesan. Selain itu, jangan lupa juga untuk mendokumentasikan liburan tersebut. Selamat berlibur. (NR)

Comment di sini