Cara Mudah Atasi Luka Akibat Mencukur Bulu

by
May 17th, 2013 at 11:33 am
Ist

Ist

CiriCara.com – Di beberapa anggota tubuh, tentunya terdapat bulu-bulu, seperti bulu pada kepala, mata, hidung, ketiak, dagu, perut, kemaluan, tangan, kaki, dan lain sebagainya. Bulu-bulu yang ada pada beberapa anggota tubuh itu sebenarnya memiliki fungsinya masing-masing.

Misalnya pada ketiak. Bulu yang ada di ketiak memiliki fungsi melindungi ketiak dari zat racun yang akan masuk dari luar tubuh. Namun, terkadang bulu-bulu yang ada itu membuat orang risi, khususnya wanita. Mereka seringkali menghilangkan bulu-bulu itu agar terlihat lebih cantik dan mempesona.

Salah satu cara untuk menghilangkan bulu-bulu itu adalah mencukurnya. Namun, saat mencukurnya terkadang secara tidak sengaja Anda meninggalkan luka hingga berdarah. Hal tersebut tentunya sangat menyakitkan, bukan? Jika ada kulit yang terluka, maka jangan biarkan luka semakin parah dengan terus mencukurnya.

Alangkah baiknya Anda harus segera mengatasinya. Bagaimana? Dilansir dari Bellasugar.com, berikut cara mudah atasi luka saat mencukur bulu:

1. Es batu

Es batu bisa menyempitkan pembuluh darah dan menghentikan pendarahan. Jika kulit Anda terluka pada saat mencukur bulu, maka alangkah baiknya untuk segera menggosokkan es batu ke kulit yang terluka. Selain itu, menggosokan es batu ke kulit setelah mencukur juga bisa membuatnya kenyal dan lebih halus.

Ist

Ist

2. Obat tetes mata

Cara lain untuk mengatasi luka saat mencukur bulu adalah dengan obat tetes mata. Anda bisa langsung meneteskan obat mata ke kulit yang terluka. Kandungan senyawa kimia dalam obat tetes mata bisa membantu menyempitkan pembulu darah.

3. Kantong teh

Kantong teh bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam pada mata, tapi juga bisa meredakan pendarahan. Kandungan asam tannic dalam teh bisa membantu meredakan pendarahan. Namun, pakailah kantung teh yang lebih dingin karena sangat ampuh untuk ditempelkan ke kulit yang terluka akibat mencukur bulu.

4. Lip balm

Mungkin Anda biasa menggunakan lip balm di bibir. Tapi, lip balm memiliki fungsi lain yaitu untuk mengatasi kulit yang terluka akibat mencukur bulu. Anda bisa mengoleskan dua sampai tiga kalo pada kulit yang terluka. Kandungan pelembapnya akan membantu membekukan darah dan mencegah rasa nyeri dari luka. Akan tetapi, jangan oleskan luka langsung dari tabung lip balm.

Itulah cara mudah atasi luka akibat mencukur bulu. Kulit yang terluka akibat mencukur bulu itu harus segera diatasi. Jika tidak, maka hanya akan membuat kulit Anda jadi tidak mulus lagi. (NR)

Comment di sini