Cara Cerdas Meminjamkan Uang pada Orang Lain

by
May 20th, 2013 at 3:49 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Pada saat seseorang sedang mengalami kesulitan keuangan atau ingin membuka bisnis baru dan memerlukan modal, terkadang mereka akan meminjam uang kepada orang lain atau mungkin bank. Apakah Anda termasuk orang yang pernah dipinjam uangnya oleh orang lain?

Berapapun jumlah uang yang diminta oleh si peminjam, alangkah baiknya Anda harus berhati-hati. Memberikan bantuan kepada orang lain memang sangat baik dan merupakan wujud kepedulian antarsesama. Namun ketahuilah bahwa memberikan pinjaman uang kepada orang lain sebaiknya tidak mengandalkan kepercayaan saja.

Ada beberapa tips untuk Anda yang akan meminjamkann uang kepada orang lain agar proses peminjaman berjalan lancar. Bagaimana? Dilansir dari Perempuan.com, berikut cara cerdas meminjamkan uang kepada orang lain:

1. Menanyakan berapa jumlah uang yang ingin dipinjam

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum meminjamkan uang kepadanya adalah menanyakan jumlah uang yang ingin dipinjam. Jika Anda memiliki uang dengan jumlah yang dimaksud dan uang itu tak digunakan apa-apa, maka tak ada salahnya untuk meminjamkannya.

2. Membuat kesepakatan dari kedua belah pihak

Ist

Ist

Buatlah kesepakatan dengan peminjam sebelum Anda memberikan uang kepadanya. Beberapa hal yang harus Anda bahas dengan si peminjam adalah lama waktu meminjam, metode pengambilan uang tersebut, dan lain sebagainya. Dengan adanya kesepekatan tentunya tak ada pihak yang merasa dirugikan.

3. Membuat surat pernyataan

Untuk menjamain transaksi ini, sebaiknya Anda membuat surat pernyataan yang memiliki kekuatan hukum. Tujuannya bukan untuk mencurigai si peminjam, tapi untuk membantu peminjam jika dirinya tidak mampu memenuhi kesepakatan yang telah dibuat.

4. Jangan mencari keuntungan

Satu hal yang perlu Anda ingat ketika ingin meminjamkan uang pada orang lain adalah jangan memanfaatkan kesempatan ini. Coba pikirkan jika Anda berada di posisinya. Jika Anda ikhlas meminjamkan uang kepadanya, maka pada saat kesulitan nanti mereka juga akan senang hati membantu.

5. Memberikan salinan surat perjanjian

Untuk membantu peminjam mengingat pinjamannya, Anda bisa memberikan salinan surat perjanjian yang sebelumnya telah dibuat. Dengan begitu, Anda tak perlu sering mengingatkannya. Ketahuilah bahwa orang yang meminjam tentunya akan selalu ingat apa yang dipinjamnya.

Itulah cara cerdas meminjamkan uang pada orang lain. Pada intinya, jika ingin meminjamkan uang pada orang lain, maka Anda harus sesuaikan dengan kondisi keuangan pada saat itu. (NR)

Comment di sini