Cara Membuat Kue Nastar

by

Kue Nastar CengkehCiriCara.com – Kue nastar adalah salah satu jenis kue kering. Kue ini biasanya dihidangkan pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat Lebaran dan Natal. Hampir semua rumah selalu menghidangkan kue ini kepada para tamunya.

Kue nastar ini mempunyai rasa yang manis dan gurih. Sangat cocok disantap bersama dengan secangkir teh hangat atau kopi. Karena bentuknya yang kecil, kue ini bisa dimakan dengan sekali santap saja. Tertarik untuk belajar membuat kue nastar?

Resep Kue Nastar:

Bahan:

- 250 gr tepung terigu
- 30 gr tepung maizena
- 225 gr mentega/margarin
- 20 gr susu bubuk
- 60 gr gula halus
- 2 butir kuning telur
- ½ sendok teh garam halus
- Cengkih untuk hiasan

Bahan selai nanas (bisa diganti sesuai selera):

- 400 gr nanas matang, parut
- 200 gr gula pasir
- 3 buah cengkih
- 5 cm kayu manis / ¼ sendok teh kayu manis
- ¼ sendok teh garam
- Cara membuat: campur nanas, gula, kayu manis, cengkih, dan garam, aduk rata. Panaskan sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan kental seperti selai. Angkat, dinginkan.

Bahan olesan:

- 3 butir kuning telur
- 2 sendok makan susu tawar cair/ 1 sendok makan susu bubuk, larutkan
- Cara membuat: campur kuning telur dan susu cair, aduk sampai rata.

Cara membuat kue nastar:

- Campur tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk, aduk rata dan ayak agar halus.

- Tambahkan gula, kuning telur, mentega, dan garam, aduk menggunakan mixer. Atur kecepatan mixer pada kecepatan terendah (1). Aduk terus hingga terbentuk adonan. Bisa tambahkan sedikit air jika diperlukan.

- Padatkan adonan dengan tangan sehingga terbentuk adonan yang bisa dibentuk.

- Ambil satu sendok makan adonan, bentuk menjadi bulatan, pipihkan. Isi tengahnya dengan selai nanas secukupnya, bulatkan kembali adonan. Pastikan adonan tidak pecah.

- Masukkan kue ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin. Sebelum dioven, olesi adonan dengan bahan olesan di atasnya. Tancap satu buah cengkih di atas masing-masing adonan sebagai hiasan.

- Panggang dalam oven kurang lebih 20 menit dengan suhu 150 derajat celcius. Jika sudah matang, angkat dan susun dalam piring saji atau disimpan dalam toples.

Selamat mencoba! (YG)


comments powered by Disqus