Cara Sehat Mencegah Terkena Serangan Stroke

by
May 20th, 2013 at 1:37 pm
Ist

Ist

CiriCara.comStroke merupakan salah penyakit yang ditakuti beberapa orang mengingat masih menjadi angka kematian tertinggi. Penyakit mematikan ini sulit disembuhkan jika tak segera ditangani dari awal.

Walaupun serangan stroke bisa terjadi tiba-tiba, namun tanda-tandanya masih bisa dideteksi. Dilansir dari Health.Kompas.com, para ahli mengatakan bahwa semakin dini stroke dikenali dan diobati, semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh.

Mati rasa pada wajah, lengan, dan kaki di satu sisi tubuh, disertai kebingungan dan masalah berbicara, sakit kepala parah, mengalami masalah berjalan, dan hilang penglihatan di satu atau kedua mata merupakan tanda-tanda seseorang mengalami stroke.

Namun, gejala-gejala penyakit stroke bisa dicegah jika Anda membiasakan diri untuk hidup sehat. Bagaimana caranya?Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara sehat mencegah terkena serangan stroke:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Stroke berhubungan dengan diabetes, hipertensi, hiper-kolesterol, hiperlipidemia yangmana semuanya berhubungan dengan metabolisme dan makanan. Untuk menghindari salah satu penyakit ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan memiliki gizi yang seimbang. Pastikan Anda mengonsumsi cukup karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin mineral. Selain itu, perbanyak juga mengonsumsi segala jenis buah-buahan dan sayuran.

2. Berhenti merokok

Ist

Ist

Merokok terbukti meningkatkan risiko stroke dan gangguan pembuluh darah lainnya 2-3 kali lipat. Merokok menimbulkan pengerasan pembuluh darah dan memicu timbunan plak dalam pembuluh darah. Hal tersebut bisa saja dialami oleh perokok aktif maupun pasif. Jika tak ingin terserang stroke, maka hentikanlah kebiasaan merokok dan jauhilah diri dari asap rokok.

3. Jangan sering stres

Stres terbukti meningkatkan tekanan darah, memperburuk sensitivitas insulin, dan merangsang sistem saraf simpatis. Selain itu, hal tersebut juga berujung pada munculnya hipertensi dan diabetes. Beberapa penelitian mengkonfirmasi bahwa stres akan meningkatkan risiko stroke 2-3 kali lipat. Untuk menghindari stres, Anda perlu sering-sering melakukan hal yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik, bercanda tawa dengan kerabat, membaca buku, dan melakukan hal menyenangkan lainnya.

4. Aktif bergerak atau berolahraga

Olahraga teratur yang bersifat aerobik terbukti membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin sehingga terhindari dari diabetes, dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Anda disarankan untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Tak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, dengan lari pagi, berenang, aerobik, atau jalan-jalan santai saja Anda sudah bisa terbebas dari stroke.

Itulah 4 cara mencegah terkena serangan stroke. Ketahuilah bahwa penyakit stroke menjadi mematikan karena sudah parah atau telat untuk ditangani. Untuk itu, Anda disarankan agar melakukan cek kesehatan secara rutin, setidaknya mengecek tekanan darah untuk memantau gejala stroke. (NR)

Comment di sini