Ruhut Sitompul Pesimis Jokowi Bisa Jadi Presiden 2014

by
May 20th, 2013 at 11:29 am

Jakarta (CiriCara.com) – Maraknya dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi, untuk menjadi Calon Presiden (Capres) 2014 membuat sebagian besar politisi ikut berkomentar.

Salah satu politisi yang turut berkomentar terhadap fenomena tersebut adalah Ruhut Sitompul, politisi Partai Demokrat. Ia mengaku heran dan kecewa karena masih banyak lembaga survei yang menempatkan Jokowi sebagai Capres potensial untuk tahun 2014-2019.

Ist.

Ist.

Seperti diberitakan oleh Kompas.com, Ruhut Sitompul melihat bahwa kinerja Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta masih berantakan. Berbagai permasalahan mendesak Ibukota seperti banjir dan kemacetan belum ada satupun yang benar-benar dituntaskan.

“Masih ada yang jagoin? Hancur begitu. Itu, survei dulu, sekarang lihat jalan makin macet, banjir dimana-mana, sudah enggak pantas dia jadi Presiden. Gimana, jadi Wali Kota Solo saja gagal, tukang mebel mau jadi capres,” kata Ruhut kepada sumber berita lainnya, Tribunnews.com, Minggu 19 Mei 2013.

Ia juga menyarankan kepada masyarakat Indonesia untuk tidak tertipu dengan pencitraan yang berada di seputar Jokowi. Ia juga mengatakan bahwa hingga kini, tidak ada satupun partai politik yang menjagokan Jokowi menjadi Presiden untuk tahun 2014 meskipun dari PDI Perjuangan, partai asal Jokowi.

Ruhut mengatakan bahwa dengan absennya dukungan dari partai politik itu, maka mustahil jika Jokowi bisa maju menjadi Capres 2014 karena undang-undang tidak memperbolehkan kandidat presiden maju dari kalangan independen.

“PDIP saja enggak calonin dia, siapa yang mau dukung, mau maju jadi calon independen? Ya enggak bisa, itu ada undang-undang, ini kan negara hukum, kalau gubernur, wali kota, bupati bisa,” komentarnya lagi.

Di sisi lain, walaupun Jokowi mendapat cibiran dari Ruhut seperti itu, namun sebagian masyarakat Indonesia justru semakin mendesak Jokowi sebagai Capres 2014. Desakan ini dinyatakan lewat grup-grup yang bermunculan di media sosial seperti Facebook.

Lewat Facebook, ada beberapa grup yang mengumpulkan opini massa untuk mendukung Jokowi menjadi Presiden antara lain, ‘Gerakan Memaksa Jokowi untuk Siap Jadi Capres 2014‘ dan ‘Jokowi Presidenku 2014′. (RN)