5 Cara Melamar Menjadi PNS

by
May 21st, 2013 at 11:27 am
Antara

Antara

CiriCara.com – Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS) beberapa bulan lagi akan dibuka. Kabar yang beredar, tes tersebut akan digelar pada bulan Agustus 2013. Tahun ini, pemerintah menjaring CPNS baru sebanyak 60.000 orang. Walaupun lowongan yang dibuka banyak, namun pendaftarnya juga banyak.

Anda berminat juga untuk mengikuti tes CPNS? Jika iya, maka Anda harus siap bersaing dengan orang-orang yang berada di seluruh pelosok Indonesia. Berebut satu jatah kursi untuk PNS cukup sulit. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri secara matang dahulu agar bisa lolos menjadi PNS.

Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan jika ingin mendaftar menjadi PNS. Apa saja? Berikut 5 cara melamar menjadi PNS:

1. Mencari keterangan

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari keterangan mengenai pendaftaran CPNS. Saat ini, pendaftaran untuk menjadi PNS dilakukan secara online. Biasanya, masing-masing kementerian memiliki situs yang bisa diakses untuk pendaftaran tersebut. Selain itu, Anda juga harus mencari tahu syarat dan ketentuan untuk mendaftar. Jangan lupa juga untuk terus memantau dengan cara online mengenai lowongan tersebut.

Ist

Ist

2. Mempersiapkan diri

Jika sudah mengetahui apa yang menjadi persyaratannya, maka Anda harus mempersiapkan diri. Beberapa hal yang perlu Anda siapkan antara lain, fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir, transkrip nilai, membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Kemnakertrans), dan lain sebagainya. Pastikan Anda sudah mempersiapkan semua itu jika ingin melamar jadi PNS.

3. Mempelajari soal-soal CPNS

Dalam penerimaan seleksi CPNS, ada 3 komponen yang harus Anda kuasai, antara lain tes kepribadian, intelegensia, dan wawasan kebangsaan. Selain itu, Anda disarankan juga untuk rajin-rajin mengerjakan soal CPNS dan mengingat-ingat pelajaran sewaktu SD, SMP ataupun SMA. Biasanya soal-soal yang ada itu bersifat umum. Untuk itu, paastikan Anda memiliki wawasan yang luas.

4. Jangan tegang

Ketika ingin mengikuti tes penerimaan CPNS, sebaiknya Anda jangan tegang. Hadapilah semua tes itu dengan santai, namun pasti. Siapkan mental dan fisik Anda. Selain itu, Anda juga harus yakin pada saat mengikuti semua tes tersebut. Jika menjawab soal, maka bacalah soal-soal itu dengan teliti.

5. Berdoa

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah berdoa. Semua langkah-langkah sudah dilakukan dan kini saatnya Anda berdoa. Mintalah kemudahan kepada-Nya agar lancar mengikuti semua tes CPNS itu. Selain itu, Anda juga harus meminta dia dari kedua orangtua.

Itulah 5 cara melamar menjadi PNS. Bagaimana, Anda berminat untuk mengikuti tes CPNS pada tahun ini?

(NR)