Cara Ampuh Mengusir Kantuk Saat di Kantor

by
May 22nd, 2013 at 4:20 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Pernahkah Anda merasa kantuk saat sedang bekerja? Rasa kantuk merupakan masalah yang dialami oleh setiap orang tanpa memandang bulu, usia, ataupun tempat. Rasa kantuk bisa datang di mana saja, pada saat di rumah, kantor, ataupun tempat lainnya.

Jika rasa kantuk itu menyerang di rumah, maka dengan mudahnya Anda akan langsung berbaring di tempat tidur saja. Akan tetapi, bagaimana jika rasa kantuk ini menyerang Anda pada saat di kantor sementara pekerjaan masih menumpuk?

Rasa kantuk yang menyerang di kantor bisa disebabkan karena Anda kurang tidur pada malam harinya, menatap layar komputer atau laptop berjam-jam, kurang aktivitas tubuh, atau makan siang yang terlalu banyak. Jika rasa kantuk menyerang di kantor, maka bisa mengganggu produktivitas Anda.

Tapi jangan khawatir karena ada cara untuk mengusir rasa kantuk itu. Bagaimana? Dilansir dari Magforwomen.com, inilah cara ampuh mengusir kantuk saat di kantor:

1. Mencium wewangian

Ketika merasa kantuk saat bekerja, Anda bisa langsung mencium wewangian. Ada minyak tertentu yang bisa membantu untuk mengusir rasa kantuk dan membuat Anda tetap terjaga. Wewangian yang bisa Anda cium aromanya, seperti minyak kayu putih, rosemary, peppermint, dan wewangian lainnya.

2. Mencuci wajah

Jika rasa kantuk itu menyerang, maka Anda bisa langsung mengusirnya dengan cara membasuh wajah dengan air dingin. Cara tersebut bisa mendorong Anda untuk tetap terjaga. Selain itu, Anda juga bisa mengunyah es atau meminum air dingin untuk merangsang otak.

3. Mengunyah camilan

Alangkah baiknya menyediakan camilan pada saat di kantor. Jadi, ketika rasa kantuk itu datang Anda bisa langsung menyantapnya. Mengunyah camilan bisa membantu Anda untuk tetap terjaga hingga jam pulang kantor tiba.

Ist

Ist

4. Mengambil napas

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengambil napas panjang. Ambillah napas panjang beberapa kali untuk membuat Anda tetap terjaga. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa meditasi selama beberapa menit agar pikiran kembali segar.

5. Mendengarkan musik

Musik bisa membantu merangsang pikiran indra pendengaran Anda. Jika merasa kantuk saat bekerja, maka Anda bisa langsung mendengarkan lagu kesukaan. Dengan begitu, tubuh dan otak Anda akan kembali segar dan bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

6. Olahraga ringan

Siapa bilang di kantor tak bisa berolahraga? Anda bisa berolahraga sambil duduk dengan melakukan peregangan otot. Peregangan membantu untuk membuka otot-otot Anda sehingga mengurangi kelelahan dan rasa kantuk. Dengan begitu, Anda akan siap melanjutkan pekerjaan kembali.

7. Berjalan-jalan

Saat merasa kantuk, cobalah bangun dari kursi yang Anda duduki. Lalu, Anda bisa melihat pemandangan dari jendela dan menghirup sedikit udara. Cara ini juga bisa mengembalikan pikiran Anda dan menghilangkan rasa kantuk yang dirasa.

8. Bermain game

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah bermain game. Jika kantor Anda mengizinkan, maka tak ada salahnya untuk bermain sebentar untuk memnghilangkan rasa kantuk. Namun, terlalu asyik dan kelamaan karena Anda bisa ditegur oleh atasan nantinya.

Itulah cara ampuh mengusir rasa kantuk saat di kantor. Bagaimanapun juga, merasa kantuk saat bekerja harus segera diusir atau dihilangkan agar pekerjaan itu tak tertunda. Selamat bekerja. (NR)

Comment di sini