Cara Blokir Nomor Ponsel Penipu Lewat SMS

by
May 22nd, 2013 at 2:04 pm
Blogdetik

Blogdetik

Jakarta (CiriCara.com) – Ternyata sejumlah penyedia layanan komunikasi seluler di Indonesia telah menyediakan cara bagi pelanggan mereka untuk memblokir nomor ponsel yang sering melakukan penipuan lewat SMS atau layanan pesan singkat.

Modus penipuan lewat SMS yang sering ditemui misalnya seperti permintaan pulsa dari orang yang mengaku sebagai orangtua calon korban dan permintaan untuk mentransfer uang ke rekening tertentu.

Seperti dikutip dari Tempo.co, nomor ponsel yang mengirim SMS tersebut bisa dilaporkan untuk diblokir dengan cara berikut ini:

1. Telkomsel

Mengirim SMS ke 1166 dengan format: penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan

Contoh: penipuan#08123456789#mama lagi di kantor polisi, minta transfer pulsa…dst kemudian kirim ke 1166

2. XL

Meneruskan SMS (forward) penipuan langsung ke nomor 588.

Manajer Hubungan Masyarakat XL Axiata, Henry Wijayanto, menyebutkan cara yang disebut di atas merupakan cara terbaru. Dulu, XL menerapkan ketentuan laporan nomor pelaku penipuan dengan format: Lapor#Nomor yang di gunakan untuk menipu#kasus yang dikeluhkan kemudian kirim ke 588.

Henry mengungkapkan nomor yang dilaporkan akan dilacak dan bila ditemukan adanya indikasi penipuan, seperti mengirim SMS langsung ke 100 nomor, maka nomor tersebut akan langsung diblokir.

Namun Henry menjelaskan bahwa pemblokiran tidak bersifat total.

“Hanya tidak bisa kirim pesan saja,” ungkap Henry yang menambahkan bahwa nomor bisa diblokir total bila ada campur tangan pihak kepolisian.

Tempo.co menulis cara melaporkan nomor Indosat yang melakukan penipuan, namun setelah dikonfirmasi ke juru bicara Indosat, Adrian Prasanto, ternyata Indosat belum punya mekanisme blokir nomor.

Menurut Adrian, sekarang pengguna nomor Indosat bisa melaporkan nomor penipu ke galeri Indosat atau layanan konsumen.

Situs penyalur pengaduan masyarakat RumahPengaduan.com beberapa kali menerima pengaduan tentang dugaan penipuan yang dilakukan lewat SMS.

Kebanyakan modus penipuan berupa pemberitahuan bahwa pengadu memenangkan hadiah undian tertentu dan diminta untuk membuka situs yang mendompleng nama penyedia jasa layanan komunikasi seluler Indonesia.

(hp)

Comment di sini