Cara Cerdas Mendidik Anak Menjadi Kreatif

by
Ist

Ist

CiriCara.com – Memiliki anak yang kreatif tentunya menjadi impian sebagian besar orangtua. Melihat si anak rajin bertanya aktif bergerak, dan memiliki keterampilan lebih tentunya bisa membuat orangtua merasa bahagia.

Memiliki anak yang kreatif sebenarnya tergantung dari didikan orangtua. Untuk itu, Anda disarankan agar mendidik anak dengan baik dan benar sehingga kreativitas yang dimilikinya bisa berkembang.

Dilansir dari Perempuan.com, berikut cara cerdas mendidik anak menjadi kreatif:

1. Tidak membatasi ruang gerak si anak

Anak-anak memang suka bermain dan mencoba hal-hal baru. Biasanya dirinya juga tak suka dibatasi atau dilarang-larang oleh orangtuanya. Namun, Anda sebagai orangtua sebaiknya juga mengetahui hal itu. Jangan membatasi anak karena bisa membuatnya jadi seseorang yang penakut. Anda bisa membiarkan apa yang dimau, namun tetap dalam pengawasan.

2. Memberikan arahan yang logis

Mendidik anak menjadi kreatif bisa dilakukan dengan cara membiasakan diri untuk mengarahkan dengan hal-hal yang logis dan positif agar membuatnya terbiasa dan mengerti. Mungkin anak-anak sering betanya mengenai berbagai hal. Untuk itu, Anda bisa memberikan jawaban atau arahan yang logis untuknya.

3. Sabar dan tekun mengajarinya

Ist

Ist

Biasanya anak-anak seringkali melakukan kesalahan yang sama. Untuk menghadapinya, Anda dituntut agar lebih sabar. Jangan pernah bosan untuk menasihati, mengingatkan, dan meluruskan kesalahan anak. Jika Anda sabar dan tekun menghadapinya, maka si anak akan mengerti bahwa yang dilakukan merupakan perbuatan yang salah. Selain itu, hal tersebut juga akan membuka wawasan dan kreativitas anak tentang bagaimana dirinya harus berperilaku.

4. Menasihatinya degan penuh kasih sayang

Terkadang, ada orangtua yang menasihati anaknya dengan penuh emosi. Hal tersebut malah membuat anak jadi melawan atau menjadi sosok yang pendiam dengan kreativitas yang rendah. Alangkah baiknya menasihati anak dengan penuh kasih sayang saja. Sampaikan kata-kata yang bisa dimengerti olehnya dengan sabar. Dengan begitu, si anak akan mengerti apa yang harus dilakukan dan meningkatkan kreativitasnya.

5. Mengajarkan permainan yang kreatif

Mengajaknya bermain merupakan salah satu cara efektif mendidik anak menjadi kreatif. Namun, ajaklah si anak untuk bermain permainan yang mengasah otaknya. Anda bisa menemukan beberapa mainan kreatif tersebut dari buku, internet, ataupun majalah.

6. Mengajaknya liburan

Sesekali, ajaklah si anak berlibur ke tempat yang unik dan menyenangkan. Misalnya, ke tempat wisata yang memiliki fasilitas outbond, kerajinan tangan, dan tempat lain yang bisa membuatnya jadi anak yang kratif. Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya ke museum agar si anak memiliki wawasan yang luas.

Itulah cara mendidik anak jadi kreatif. Untuk membuat si anak jadi aktif dan kreatif, jagan sering mengkritik apa yang dilakukannya. Jika si anak melakan kesalahan, maka sebaiknya Anda menasihatinya saja dengan cara yang sabar. Selain itu, biarkanlah si anak menentukan sendiri apa yang disuka sesuai dengan minatnya. (NR)


comments powered by Disqus