Cara Memilih Sabun Pembersih Wajah yang Benar

by
May 22nd, 2013 at 10:16 am
Corbis

Corbis

CiriCara.com - Untuk membuat kulit wajah bersih dan bersinar biasanya seseorang, khususnya wanita akan mencuci wajahnya dengan memakai sabun pembersih. Dengan memakai sabun pembersih wajah, kulit akan terjaga kebersihannya dan mempertahankan warnanya. Akan tetapi, jangan asal memilih sabun pembersih wajah karena bisa merusak kulit.

Ada banyak sabun pembersih wajah yang beredar di pasaran. Namun, Anda harus memilihnya sesuai dengan jenis kulit wajah yang dimiliki. Selain itu, Anda juga harus mengetahui bahan dasar pembuatan sabun pembersih wajah tersebut.

Ada beberapa sabun pembersih wajah yang memiliki kandungan berbahaya, antara lain mercuri, hydroquinon, triethanolamine, dan lain sebagainya. Kenapa kandungan tersebut berbahaya? Berikut penjelasannya:

1. Mercuri dan hydroquinon

Kedua kandungan tersebut jika terkena kulit akan menghambat produksi melanin atau menghambat pigmentasi pada sel melanosit kulit sehingga kulit nampak kusam dan lebih rentan terjadinya kanker kulit.

2. Triethanolamine (TEA)

Kandungan ini ada di beberapa sabun pembersih wajah yang biasanya dikaitkan dengan fungsi untuk menyeimbangkan pH kulit. Dampak penggunaan kandungan tersebut bisa menyebabkan alergi pada kulit, iritasi pada mata, dan menyebabkan kulit dan rambut mengalami kekeringan.

3. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Ammonium Lauryl Sulfate (ALS)

Ist

Ist

Sabun pembersih yang mengandung dua zat tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan mata rentan terhadap penyakit katarak. Selain pada sabun pembersih wajah, kedua kandungan tersebut biasanya juga ada pada pasta gigi, pembersih rambut, dan sabun mandi.

4. Propylene glycol

Sabun pembersih wajah yang mengandug zat tersebut sangat berbahaya pada kesehatan kulit karena bisa menyebabkan kemerahan dan penyakit dermatitis.

Sabun pembersih wajah yang bagus dan boleh dipakai seharusnya tidak mengandung keempat kandungan atau zat tersebut karena bisa membahayakan kulit. Untuk itu, Anda harus menghindarinya dan pakailah sabun pembersih wajah yang mengandung bahan alami saja. Apa saja kandungan alami tersebut? Berikut kandungan sabun pembersih wajah yang bisa Anda pakai:

1. Minyak esensial dan zaitun

Sabun yang mengandung kedua bahan tersebut bisa Anda pakai karena berfungsi untuk membasmi kuman, menyegarkan kulit, dan memberikan aroma wangi pada wajah.

2. Lemon dan pepaya

Sabun pembersih wajah yang mengandung kedua bahan alami tersebut sangat baik jika Anda gunakan. Kedua kandungan alami tersebut berfungsi membersihkan wajah yang bisa menghilangkan sel kulit yang mati pada permukaan kulit dan sebagai antimikroba.

3. Sari beras dan susu

Kandungan tersebut merupakan formulasi yang sangat baik untuk memutihkan kulit wajah dan tubuh. Selain aman digunakan, kandungan tersebut juga memberikan aroma yang wangi dan menyegarkan.

4. Asam cuka putih

Asam cuka sangat baik digunakan untuk membersihkan kulit karena mengandung sekitar 5% asam asetat dan berfungsi sebagai pembunuh bakteri pengganggu dan beberapa jamur penyebab penyakit kulit.

Itulah cara memilih sabun pembersih wajah yang benar. Mulai saat ini, Anda harus teliti melihat kandungan apa saja yang ada pada sabun pembersih wajah. Tujuannya adalah agar kulit wajah yang dimiliki tetap sehat dan terhindar dari permasalahan kulit lainnya. (NR)