Protes Pernikahan Sesama Jenis, Sejarawan Bunuh Diri

by
May 22nd, 2013 at 8:53 am
Daily Mail

Dominique Venner (Daily Mail)

Paris (CiriCara.com) – Seorang sejarawan Prancis berhaluan sayap kanan tewas bunuh diri di depan ratusan wisatawan di katedral Notre Dame, Paris, untuk memprotes undang-undang pernikahan sesama jenis di negara tersebut.

Sejarawan bernama Dominique Venner itu membunuh dirinya sendiri dengan cara menembakkan peluru dari pistol otomatis yang dibawanya pada Selasa (21/5) sekitar pukul 4 sore waktu setempat..

Laporan dari Daily Mail menyebutkan pria berusia 78 tahun tersebut berjalan perlahan melewati kerumunan orang menuju altar katedral sebelum akhirnya bunuh diri.

Sekitar 1.500 wisatawan langsung diamankan dari katedral.

Daily Mail

Notre Dame (Daily Mail)

“Ada jeritan dan banyak teriakan setelah terdengar suara letusan keras,” ujar seorang saksi mata. “Orang-orang segera lari keluar dalam kepanikan.”

Saat itu katedral tengah dipenuhi pengunjung. Polisi dan petugas medis sampai di lokasi kejadian dalam waktu cepat dan semua pengunjung segera dievakuasi.

Protes yang berujung bunuh diri ini terjadi tiga hari setelah presiden Prancis, Francois Hollande, menandatangani undang-undang pernikahan sesama jenis walaupun terdapat kontroversi di sekitarnya. (Baca juga: Tiba-tiba Obama Menyetujui Pernikahan Sesama Jenis)

Venner yang dikenal sebagai dikenal sebagai aktivis penentang pernikahan sesama jenis sempat menulis di blognya untuk memprotes undang-undang tersebut. Ia juga meninggalkan surat di altar katedral, namun tidak diketahui apa isi surat tersebut.

Sewaktu muda, Venner merupakan anggota organisasi paramiliter Secret Army Organisation yang tidak setuju terhadap pelepasan Aljazair sebagai koloni Prancis pada 1962.

Ia pernah dipenjara selama 18 bulan karena aktivitasnya dalam organisasi ultranasionalis Prancis.

Venner pernah mendapat penghargaan dari l’Académie française atas karyanya yang berkaitan dengan sejarah.

(hp)

Daily Mail

Comment di sini