Tips Agar Ikan Bakar Jadi Gurih dan Enak

by
May 22nd, 2013 at 4:50 pm

Ikan BakarCiriCara.com – Membuat makanan yang diolah dengan cara dibakar memang lebih sulit dibanding dengan yang digoreng. Jika ingin mengolah makanan dengan dibakar, Anda harus tahu hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum proses membakar dimulai.

Dalam membakar daging, seringkali daging menjadi rusak saat diangkat. Hal ini karena daging terlalu lengket pada alat bakaran. Akibatnya, bentuk daging yang dibakar tadi pun akan rusak dan tidak akan menarik lagi.

Untuk menghasilkan daging bakaran yang sempurna, perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Alat bakaran

Agar daging ikan tidak lengket, Anda harus memastikan bahwa alat bakaran yang dipakai sudah bersih dari abu dan juga bekas masakan lain. Bersihkan alat bakaran dengan menggunakan sabut atau sikat kawat. Gosokkan sedikit minyak sayur, lalu lap hingga bersih. Alat bakaran siap digunakan.

2. Olesi minyak

Sebelum dibakar, olesi minyak ke seluruh bagian ikan secara merata. Alat bakaran yang akan digunakan juga harus diolesi minyak agar tidak lengket. Pilihlah minyak yang tahan terhadap suhu tinggi, seperti minyak goreng, minyak kacang tanah, atau minyak biji anggur.

3. Memilih ikan

Pilihlah ikan yang masih segar, kemudian bersihkan. Namun, agar daging ikan tidak mudah hancur maka bakarlah ikan bersama kulitnya. Selain itu, kulit ikan juga akan membuat tekstur daging jadi terasa lebih renyah.

4. Jenis ikan

Ikan yang cocok untuk dibakar adalah ikan yang berdaging tebal. Anda bisa memilih jenis ikan seperti ikan gurami, tuna, salmon, tongkol, kakap, bawal, baronang, nila, dan ikan mas. Selain berdaging tebal, ikan-ikan tersebut juga mempunyai daging dengan tekstur yang empuk.

5. Api bakaran

Ikan bakar ytang sudah matang.

Ikan bakar yang sudah matang.

Agar matang sempurna, api di alat bakaran harus tetap terjaga. Untuk mempertahankan suhu panasnya, Anda bisa menggunakan kipas angin atau kipas bambu biasa. Pilih batu bara yang bagus agar kualitas apinya juga bagus. Hal ini menghindari daging bagian dalam tidak matang.

6. Proses pembakaran

Agar daging ikan matang merata, Anda harus membaliknya setiap 5 menit sekali. Cara ini juga bermanfaat untuk menghindari daging ikan menempel pada alat bakaran. Lamanya proses pembakaran tergantung pada suhu yang Anda gunakan.

Ikan bakar paling cocok disajikan bersama dengan saus sambal atau kecap asin. Ikan bakar juga akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih hangat. Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini