Cara Mengelola Gaji Agar Tak Habis di Tengah Bulan

by
May 23rd, 2013 at 10:15 am
Ist

Ist

CiriCara.com – Beberapa orang mungkin akan mengeluh uangnya habis pada pertengahan bulan. Apakah Anda juga begitu? Jika gaji habis pada pertengahan bulan, maka yang dikatakan biasanya oleh orang adalah gaji yang diterimanya kecil. Padahal, bukan karena itu.

Seseorang yang memiliki gaji besar biasanya juga memiliki masalah yang serupa. Ketahuilah bahwa semakin besar gaji yang diterima, anggaran yang dikeluarkan juga akan semakin meningkat. Untuk itu, alangkah baiknya Anda harus pintar-pintar mengelola gaji. Jika tidak, maka setelah pertengahan bulan Anda akan kesulitan.

Ketika gaji habis pada pertengahan bulan, bisa jadi Anda akan meminjam uang. Lalu, awal bulan setelah gajian utang itu akan dibayar dan malah justru menambah pengeluaran Anda. Hal tersebut bisa saja terjadi hingga beberapa bulan ke depan jika Anda tak bisa mengelola gaji dengan benar.

Agar gaji tak habis pada pertengahan bulan, ada cara yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari Female.Kompas.com, berikut cara mengelola gaji agar gaji tak habis di tengah bulan:

1. Membuat rencana pengeluaran

Sebelum menerima gaji, alangkah baiknya Anda membuat rencana dahulu akan di kemanakan saja uang itu. Pada saat gajian nanti, jadi Anda bisa langsung menjalankan rencana yang sudah disusun. Anda bisa memulainya dengan mencatat kembali pengeluaran selama tiga bulan ke belakang. Dengan begitu, Anda jadi bisa mengetahui pkebutuhan mana yang perlu dihemat atau mungkin dihilangkan. Misalnya, bulan kemarin Anda lebih sering makan di mal dan menonton film di bioskop. Untuk bulan selanjutnya, Anda harus bisa mengurangi frekuensinya.

Ist

Ist

2. Mencatat pengeluaran dalam satu bulan

Alangkah baiknya Anda memiliki sebuah jurnal untuk mencatatat pengeluaran dalam satu bulan. Anda harus mencatat semua barang dan jasa yang dibeli secara detail, sertakan juga nominal pembelian, waktu pembelian, dan tempat Anda membelinya. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencatat kebutuhan lain, seperti membayar uang kos, biaya transportasi dalam satu bulan, dan hal-hal lainnya. Dengan begitu, Anda jadi bisa mengetahui jumlah uang yang dikeluarkan dalam satu bulan.

3. Prioritaskan kebutuhan primer

Pengeluaran yang harus Anda prioritaskan adalah kebutuhan primer. Misalnya, belanja bulanan, biaya transportasi, membayar air, listrik, cicilan rumah, dan lain sebagainya. Pastikan kebutuhan itu sudah terpenuhi selama satu bulan. Selain itu, kebutuhan sekunder dan tersier yang harus Anda hemat. Jika kebutuhan tersebut mengganggu kebutuhan primer, maka Anda bisa menghilangkannya dalam daftar perencanaan keuangan. Namun, jangan lupa juga sisakan uang untuk ditabung. Bila perlu, tingkatkan besar uang untuk ditabung.

4. Menyiapkan dana cadangan

Jangan lupa juga untuk menyisakan gaji untuk dana cadangan yang mana dalam keadaan darurat uang itu bisa diambil. Pisahkan dana cadangan ini dari tabungan Anda. Seperti halnya tabungan, dana ini juga harus disiapkan dengan penuh komitmen. Jika dana cadangan tersebut tak dipakai pada bulan ini, maka biarkan saja uang itu. Mungkin saja, bulan berikutnya ada keperluan darurat sehingga Anda harus mengeluarkan uang.

Itulah cara mengelola gaji agar gaji tak habis di tengah bulan. Jika keuangan sudah diatur dengan baik, maka Anda bisa menjalani hidup dengan bahagia juga karena tak memikirkan akan kehabisan uang. Selain itu, bila perlu Anda mengikuti asuransi untuk mengantisipasi setiap kejadian yang tak terduga di masa yang akan datang. (NR)

 

Comment di sini