Cara Mudah Menahan Emosi Saat Marah

by
Ist

Ist

CiriCara.com – Marah merupakan salah satu hal yang wajar dan dialami oleh setiap orang. Akan tetapi, marah yang tak terkendali bisa memberikan efek buruk dan melukai perasaan orang lain.

Ketahuilah bahwa membiarkan marah menguasai diri Anda bisa berbahaya bagi kesehatan dan meningkatkan hormon stres dalam tubuh. Untuk itu, Anda disarankan agar bisa mengendalikan marah itu.

Bagaimana caranya? Berikut cara mudah menahan emosi saat marah:

1. Menarik napas dalam-dalam

Sebelum Anda bereaksi terhadap situasi yang membuat marah, alangkah baiknya untuk diam sejenak, lalu menarik napas dalam-dalam. Tariklah napas dalam 10 hitungan. Jika masih kurang berhasil, maka Anda bisa menghindari situasi tersebut yang membuat tegang.

2. Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik bisa mengendalikan emosi seseorang, terutama jika emosi itu akan meledak. Jika Anda merasa ingin marah sekali, maka berjalan-jalanlah sejenak atau berlari. Lakukan aktivitas tersebut sampai membuat Anda tenang dan mengalihkan kemarahan. Ketahuilah bahwa aktivitas fisik bisa mengeluarkan hormon yang bisa membuat seseorang merasa bahagia.

3. Melakukan relaksasi

Ist

Ist

Pada saat Anda mulai merasa marah, cobalah melakukan relaksasi. Lakukan latihan untuk menarik napas dalam-dalam, membayangkan hal yang membuat senang, dan mengatakan kata yang membuat Anda senang. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan musik, menulis, atau melakukan gerakan yoga.

4. Mencari solusi

Daripada Anda harus melampiaskan kemarahan itu, lebih baik fokus saja pada solusinya. Ingatkan diri Anda bahwa kemarahan tak akan menyelesaikan masalah, bahkan bisa membuatnya jadi lebih berantakan. Untuk itu, cobalah fokus pada solusi untuk menghindari kemarahan itu.

5. Koreksi diri sendiri

Hal yang membuat marah bukan berarti orang lain yang melakukan hal tersebut, tapi bisa jadi marah tersebut akibat ulah diri sendiri. Untuk itu, cobaah koreksi atau fokus pada diri sendiri dahulu.

6. Menggunakan lelucon

Untuk membuat suasana jadi lebih ringan, Anda bisa memakai humor atau lelucon. Cobalah untuk menahan rasa marah tersebut dengan menonton atau membaca cerita yang membuat Anda tertawa. Lama-kelamaan rasa marah itu mungkin akan Anda lupakan.

Itulah cara mudah mengendalikan emosi saat marah. Jika memang benar-benar ingin memuntahkan amarah itu, maka Anda harus berpikir dahulu dengan benar. Kemarahan boleh saja dikatakan, namun dengan cara yang baik-baik. Ungkapkan perkataan dengan cara yang baik-baik, tanpa menyakiti perasaan orang lain atau menundukkan mereka. (NR)


comments powered by Disqus