Cara Aman Memakai Kartu Debit dan Kredit

by
May 24th, 2013 at 1:46 pm

Paying by cardCiriCara.com – Nampaknya saat ini sebagian besar orang di Indonesia sudah memiliki kartu debit ataupun kredit. Dengan adanya kartu tersebut memang cukup memudahkan para penggunanya.

Pada saat berbelanja, Anda tak usah repot-repot membawa uang tunai. Transaksi bisa dilakukan hanya dengan menggunakan kartu debit ataupun kredit. Namun, berhati-hatilah karena bisa terjadi pencurian data pada transaksi melalui kedua kartu tersebut.

Dilansir Tempo.co, awal bulan Maret lalu terdapat indikasi pencurian data pada transaksi melalui kartu kredit dan debit di salah satu gerai kecantikan, The Body Shop. Akibat kejadian itu, sejumlah kartu diblokir karena terdapat indikasi penggandaan kartu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut kembali terjadi, ada beberapa tips yang bisa diberikan. Dilansir dari Merdeka.com, Difi Ahmad Johansyah, Direktur Departemen Hubungan Masyarakat Bank Indonesia memberikan tipsnya untukAnda. Berikut cara aman memakai kartu debit dan kredit:

Pemegang kartu debit

1. Pastikan memakai nomor PIN

Setiap melakukan transaksi di tempat perbelanjaan atau lainnya, pastikan Anda memakai PIN. Selain itu, pastikan juga nomor PIN yang dimiliki tidak diketahui oleh orang lain petugas bank sekalipun.

2. Pastikan hanya Anda yang mengetahui nomor PIN

Meyakini nomor PIN merupakan pegangan pengaman bagi pemegang kartu. Pemegang kartu tidak bisa melakukan transaksi jika tak menggunakan nomor PIN. Untuk itu, rahasiakanlah nomor PIN Anda dan bila perlu regulaer mengubahnya.

3. Segera hubungi bank jika terjadi sesuatu

Ada beberapa kejadian yang dialami oleh pengguna kartu debit, antara lain kartu ATM tenggelam di mesin atau hilang. Jika kejadian tersebut Anda alami, maka segera lapor kepada bank yang bersangkutan. Setelah itu, minta ganti kartu jika bank sudah menginformasikan bahwa kartu sudah diblokir dan diminta untuk diganti.

4. Pastikan menarik tunai di tempat nyaman

Pastikan saat menarik uang secara tunai di tempat yang nyaman. Jika ingin menarik uang tunai dalam jumlah yang besar, maka lebih baik Anda lakukan saja di bank yang bersangkutan. Hal tersebut bertujuan demi kenyamanan Anda.

Ist

Ist

5. Menyimpan setiap bukti transaksi

Anda disarankan untuk selalu menyimpan bukti transaksi dari kartu ATM dan debit. Tujuannya adalah untuk mencocokkan yang tercatat dalam buku tabungan.

6. Pastikan menggunakan EDC dari bank yang sama

Jika di mesin kasir ada sejumlah EDC, maka pastikan transaksi yang Anda lakukan menggunkan EDC dari bank yang sama dengan kartu debit yang dimiliki.

Pemegang kartu kredit

1. Selalu aktifkan telepon seluler

Pastikan Anda selalu mengaktifkan telepon seluler agar setiap saat bisa menerima pemberitahuan transaksi dari bank yang bersangkutan. Selain itu, segeralah memberikan informasi kepada bank jika ada perubahan nomor ponsel.

2. Teliti dan cek transaksi lembar tagihan

Anda harus teliti dan mengecek transaksi di lembar tagihan, terutama jika ada transaksi yang tidak dilakukan sendiri. Jika ada tagihan aneh, maka segera menghubungi kontak bank dan minta klarifikasi mengenai hal tersebut.

3. Ganti kartu jika diminta bank

Setiap kartu tentunya memiliki masa berlaku. Untuk itu, segeralah ganti kartu jika sudah diberitahu oleh bank.

4. Biasakan bayar tagihan sebelum jatuh tempo

Biasakan bayar tagihan sebelum jatuh tempo, baik sekali lunas atau mengangsur agar terhindar dari bunga dan denda.

Itulah cara aman memakai kartu debit dan kredit agar terhindar dari aksi kejahatan. Selain itu, Anda juga berhak menegur kasir jika kartu kredit atau debit digesek dua kali. Jika Anda memperhatikan tips tersebut, maka penggunaan kartu debit dan kredit akan menjadi lebih aman. (NR)

Comment di sini