Cara Ampuh Mengatasi Mual Saat Hamil

by
May 24th, 2013 at 10:23 am
Ist

Ist

CiriCara.com – Ibu hamil disarankan untuk mencukupi nutrisi untuk kesehatan si janin dan dirinya sendiri. Akan tetapi, beberapa ibu hamil terkadang mengalami hambatan untuk memberikan nutrisi tersebut. Masalah yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah adanya rasa mual dan muntah.

Dilansir dari Republika.co.id, hasil penelitian yang dilakukan oleh dr Prima Progestian SpOG menunjukkan bahwa 50-90% ibu hamil akan mengalami muntah dan mual pada trisemester awal kehamilan. Trisemester awal kehamilan yaitu pada saat kandungan si ibu hamil berusia 1-12 pekan.

Rasa mual yang dialami oleh sebagian besar ibu hamil akibat peningkatan pada kadar hormon estrogen. Mual yang dialami juga terkadang membuat si ibu merasa lemas dan kurang enak badan sehingga memilih untuk tiduran atau beristirahat saja di tempat tidur. Jika sudah begitu, maka berbagai aktivitas akan ditinggalkannya.

Bagi si ibu hamil, alangkah baiknya untuk bisa mengatasi mual yang dirasa agar tetap bisa menjalankan beberapa aktivitas. Bagaimana? Dilansir dari Vemale.com, berikut cara mengatasi mual saat hamil:

1. Makan permen asam

Mengonsumsi permen yang agak asam membantu mengatasi dan meringankan mual pada bulan pertama. Efeknya tidak negatif dan berbahaya. Hanya saja, Anda tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya agar asam lambung tidak meningkat.

2. Mengonsumsi jahe

Jahe merupakan obaat tradisional yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi mual. Anda bisa langsung mengonsumsinya atau mencampurkannya ke dalam teh hangat. Rasa hangat jahe bisa menyebar ke seluruh tubuh dan mual yang dirasa akan berkurang sedikit demi sedikit. Namun sama seperti permen asam, jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena akan terasa panas.

3. Makan permen peppermint

Ist

Ist

Selain permen asam dan jahe, Anda juga bisa makan permen peppermint untuk mengatasi rasa mual. Mint memberikan rasa dingin dan segar sehingga meringankan mual. Selain itu, aroma mint-nya juga bisa membuat Anda jadi terasa segar.

4. Mengonsumsi buah yang dingin

Buah yang sudah dipotong, And abisa menyimpannya di dalam lemari es. Jika merasa mual, maka Anda bisa langsung melahap potongan buah tersebut. Rasa dinginnya akan membantu mengalihkan rasa mual. Namun, perlu diingat juga untuk tidak mengonsumsi buah yang dilarang makan pada saat hamil, antara lain nanas, pepaya, anggur, dan durian.

5. Berada dalam ruangan dingin

Ibu hamil biasnaya sangat mudah merasa kepanasan dan akan semakin meningkat ketika dirinya merasa mual. Untuk itu, ibu hamil sangat disarankan agar selalu berada di dalam ruangan dingin untuk menjaga suhu tubuh tetap seimbang.

6. Berolahraga ringan

Ternyata, berolahraga ringan pada saat hamil membantu meringankan gejala mual dan mengobati morning sickness. Anda bisa berjalan santai pada pagi atau sore hari saja untuk meringankan gejala mual yang dirasa. Jika sang dokter mengizinkan untuk berolahraga yang agak berat, maka Anda bisa mencoba berenang.

7. Melakukan akupuntur

Akupuntur atau tusuk jarum merupakan metode yang bisa membantu meringankan gejala mual. Biasanya pengobatan seperti ini bisa dilakukan beberapa klinik alternatif yang dipercaya. Jika penasaran, maka Anda bisa mencobanya langsung untuk meringankan gejala mual.

Itulah cara ampuh mengatasi mual saat hamil. Pada saat hamil, pastikan Anda memiliki tidur yang cukup sehingga pada pagi harinya akan merasa lebih segar. Jika kualitas dan waktu tidur Anda baik, maka tubuh akan tetap segar dan sehat walaupun sedang hamil. Dengan begitu, mual yang Anda rasa tidak begitu parah. (NR)

Comment di sini