Cara Melakukan Presentasi yang Baik

by
May 24th, 2013 at 3:07 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Melakukan presentasi nampaknya menjadi kemampuan diri yang harus dibiasakan, apalagi bagi orang yang sudah bekerja. Namun, melakukan presentasi di depan orang banyak bisa membuat seseorang merasa gugup. Benarkah?

Kegugupan itu terjadi bisa dikarenakan Anda kurang persiapan. Untuk itu, pastikan persiapan secara matang dan berlatihlah. Hal tersebut demi menarik perhatian mereka yang hadir.

Ketahuilah bahwa melakukan presentasi yang baik dan menarik perhatian rekan kerja yang lain, tentunya akan membuat diri Anda merasa bangga karena memiliki kemampuan bicara yang baik. Lalu bagaimana cara melakukan presentasi yang baik?

Inilah cara melakukan presentasi yang baik dan benar:

1. Pastikan semua perlengkapan siap

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai persiapan. Pastikan semua perlengkapan Anda untuk melakukan presentasi sudah siap, seperti proyektor LCD, layar, papan tulis, proposal atau laporan, dan poster atau gambar-gambar jika memang dibutuhkan. Jika semua itu sudah dipersiapkan dengan baik, maka Anda tak akan merasa sangat khawatir untuk melakukan preentasi.

2. Melakukan senam wajah

Sebelum presentasi, Anda bisa melakukan beberapa inisiatif untuk menghilangkan rasa gugup. Misalnya, dengan melakukan senam wajah. Gerakkan mulut, dahi, pipi, hidung, dan dahi Anda untuk membantu menghilangkan rasa gugup sebelum presentasi.

3. Mencuci tangan sambil berkaca

Sebelum presentasi itu dimulai, pergilah ke kamar mandi buang air kecil, lalu mampirlah ke wastafel. Anda bisa mencuci tangan sambil berkaca. Cobalah lihat wajah Anda dan pastikan penampilan Anda sempurna, seperti rambut dan riasan wajah.

4. Menarik napas panjang

Ist

Ist

Bukan hanya senam wajah saja yang bisa Anda lakukan. Untuk menenangkan diri, Anda bisa menarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan kembali. Lakukanlah cara tersebut berulang kali sampai membuat diri Anda tenang.

5. Jangan lupa berdoa

Berdoa itu sangat penting sebelum Anda melakukan berbagai kegiatan. Dengan bedoa nantinya Anda akan diberi kemudahan dan kelancaran untuk melakukan kegiatan tersebut, termasuk presentasi. Untuk itu, pastikan Anda berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan presentasi.

6. Jangan lupa menyapa rekan kerja

Ketika presentasi akan dimulai, jangan lupa menyapa rekan-rekan kerja yang hadir di sana. Saat menyapanya, Anda harus mentap matanya. Ketahuilah bahwa rekan-rekan yang hadir itu butuh kepercayaan Anda melalui tatapan mata. Jangan sampai rekan-rekan atau klien ragu hanya karena Anda tidak menatap matanya.

7. Menggunakan slide show yang menarik

Salah satu cara agar preentasi Anda tidak membosankan dan menarik perhatian rekan atau klien adalah membuat slide show yang menarik. Anda bisa menggunakan animasi sesuai dengan keformalan presentasi.

8. Menggunakan bahasa yang baik dan benar

Agar presentasi yang dilakukan berjalan lancar, pastikan tidak gugup. Jangan terlalu sering menggunakan kata “di sini”, “mmmmm”, “eeee”, “jadi”, “nah”, atau mengulang kata-kata. Pastikan Anda menggunakan kata yang mudah dimengerti namun tetap formal. Gunakanlah bahasa Indonesia atau Inggris yang baik dan benar.

Itulah cara melakukan presentasi yang baik. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa semua materi sudah dikuasai dengan baik. Untuk mendapatkan hal itu, Anda harus rajin berlatih. Dengan begitu, presentasi Anda akan berjalan lancar dan diberi apresiasi oleh rekan kerja lainnya. (NR)