Cara Mendapatkan Liburan Hemat dan Menyenangkan

by
May 24th, 2013 at 5:05 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Liburan bukan hanya sekadar gaya hidup, tapi menjadi sebuah kebutuhan setiap orang. Benarkah? Ketika sudah penat bekerja, salah satu cara untuk mengembalikan semangat itu adalah dengan pergi liburan. Akan tetapi, sejumlah orang mengurungkan niat tersebut dikarenakan memiliki uang yang terbatas.

Padahal, dengan uang pas-pasan Anda dan teman-teman tetap bisa menikmati liburan yang menyenangkan. Travelling atau liburan dengan uang terbatas bisa menyenangkan jika dilakukan dengan perencanaan yang matang dan memperhatikan pengeluaran yang bisa dipangkas pada saat liburan.

Bagaimana cara menciptakan liburan hemat dan menyenangkan? Berikut cara mendapatkan liburan hemat dan menyenangkan:

1. Hindari musim liburan

Jika ingin mendapatkan liburan hemat, maka jangan pergi pada saat liburan sekolah, hari besar agama, atau long weekend. Biasanya tarif tiket pesawat, masuk objek wisata mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Alangkah baiknya, Anda memilih waktu biasa saja agar bisa mendapatkan liburan hemat.

2. Pilih penginapan murah

Dikarenakan biaya liburan Anda terbatas, pilihlah penginapan yang murah namun tetap nyaman dan aman. Ingat pada tujuan Anda yaitu untuk berlibur. Jadi, bukan menghabiskan waktu di tempat penginapan saja. Jika ingin mendapatkan tempat penginapan yang agak bagus dan murah, maka Anda bisa memesannya jauh-jauh hari melalui situs yang menyediakan informasi mengenai penginapan. Dari situ, terkadang Anda juga bisa mendapatkan potongan harga.

Ist

Ist

3. Pilih angkutan umum saja

Untuk medapatkan liburan hemat, pada saat di tempat tujuan wisata lebih baik Anda menggunakan angkutan umum saja. Pilihlah alat transportasi umum untuk menjangkau objek wisata yang diinginkan. Tentunya, ongkos naik bus atau angkutan lainnya lebih murah dibandingkan Anda naik taksi atau menyewa mobil.

4. Membawa atau makan di pinggiran saja

Jika melakukan perjalanan darat, maka Anda bisa membawa makanan saja dari rumah agar lebih hemat. Setibanya di daerah tujuan wisata, pilihlah rumah makan atau jajan di rumah makan pinggir jalan saja atau biasa disebut kaki lima. Namun, tanyakan dahulu harganya kepada penjual jika Anda tak ingin dibohongi.

5. Membawa perlengkapan liburan seperlunya saja

Bawalah perlengkapa dan barang bawaan seperlunya saja. Lalu, kemas semua barang tersebut dengan praktis agar mudah dibawa. Jika membawa barang terlalu banyak, maka nantinya akan merepotkan diri sendiri. Untuk itu, packing-lah dengan cara yang tepat agar barang bawaan mudah dibawa.

6. Lupakan membeli oleh-oleh

Agar liburan menjadi menyenangkan, lupakanlah urusan belanja termasuk membeli oleh-oleh. Ketahuilah bahwa biaya liburan akan membengkak dikarenakan untuk membeli oleh-oleh. Untuk itu, Anda harus cerdas menggunakan uang yang dimiliki pada saat berlibur.

7. Mengikuti paket wisata

Saat ini banyak sekali penawaran paket wisata. Dengan biaya yang lebih murah, semua keperluan wisata sudah diatur dengan baik jika Anda mengikuti paket wisata. Selain itu, Anda juga tak usah repot-repot mencari tiket transportasi, penginapan, dan lain sebagainya karena sudah diatur dengan baik dengan agen perjalanan.

Itulah cara mendapatkan liburan hemat dan menyenangkan. Untuk itu, jangan ragu lagi untuk berlibur jika hanya memiliki uang pas-pasan. Lalu, ke manakah Anda akan berlibur nanti?

(NR)

Comment di sini