Pengumuman UN: Cegah Corat-coret, Jokowi Minta Siswa Pakai Baju Adat

by
May 24th, 2013 at 9:44 am

Pengumuman Ujian NasionalJakarta (CiriCara.com) – Demi menjaga ketertiban jelang pengumuman hasil ujian nasional (UN) pelajar tingkat SMA dan sederajat, Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengimbau agar semua siswa memakai baju adat. Pengumuman UN sendiri akan dilangsungkan pada hari ini, Jumat (24/5/2013).

Menurut Jokowi, kebijakan memakai baju adat tersebut untuk menghindari aksi corat-coret seragam dan fasilitas publik di Ibu Kota. Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya memang marak siswa berkonvoi dan melakukan aksi corat-coret setelah lulus UN.

“Sudah diimbau (memakai baju adat) dari Dinas Pendidikan DKI ke sekolah-sekolah, besok (hari ini-red) dilihat semua,” kata Jokowi di Balaikota Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (23/5/2013) kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti arahan dari Jokowi. Nantinya, semua siswa SMA sederajat di seluruh Jakarta akan diwajibkan untuk memakai baju adat.

“Mulai tahun ini (2013) siswa akan menggunakan pakaian adat,” kata Taufik.

Rencananya, pengumuman hasil ujian nasional tahun 2013 tingkat SMA sederajat akan dilaksanakan pada Jumat (24/5/2013) secara serentak. Berdasarkan penuturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, ada sekitar 8 ribu siswa yang tidak lulus UN.

Sementara itu, sebanyak 24 sekolah diketahui 100 persen tidak lulus. Rencananya, M Nuh akan melakukan investigasi terhadap sekolah-sekolah tersebut untuk mengetahui penyebab dari ketidaklulusan siswa tersebut.

Akankah pengumuman hasil ujian nasional (UN) 2013 tingkat SMA sederajat kali ini akan berlangsung dengan tertib?

(YG)

Comment di sini