10 Cara Menghilangkan Jerawat Selamanya

by
May 27th, 2013 at 9:45 am
Ist

Ist

CiriCara.com – Jerawat yang datang menghinggapi wajah sering membuat seseorang mengalami krisis percaya diri. Sebenarnya jerawat mudah dihindari asalkan kita selalu menjaga kebersihan dengan benar.

Terkadang secara tidak sadar kita mengabaikan kotoran yang ada di sekitar kita, terutama yang menempel di tangan. Ketika kita menggunakan tangan tersebut umtuk menyentuh wajah, jangan terkejut bila dalam waktu 24 jam muncul jerawat pada wajah.

Berikut adalah tips untuk mencegah datangnya jerawat, dan menghilangkannya jika jerawat sudah telanjur datang:

1. Temui dokter

Dokter kulit dan kecantikan bisa memberitahu apa sebenarnya masalah yang menyebabkan timbulnya jerawat. Berkonsultasi dengan dokter wajib dilakukan bila jerawat sering muncul dan sulit hilang meskipun sudah dicoba bermacam-macam pengobatan.

2. Jangan dipijat

Bila timbul jerawat, jangan memijat atau memencet jerawat tersebut, apalagi jika sudah terjadi peradangan. Dengan memijatnya, produksi minyak malah meningkat. Untuk menyiasatinya, lakukan pijatan pada titik-titik tertentu pada wajah dengan menggunakan trik seperti yang terdapat pada artikeCara yang Benar dan Aman Memencet Jerawat.

3. Hindari kosmetik

Bila kulit wajah kamu sensitif terhadap kosmetik yang menggunakan minyak sebagai bahan dasar, sebaiknya kurangi pemakaiannya. Hanya gunakan kosmetik saat ada acara-acara tertentu dan segera bersihkan setelah acara selesai. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan kosmetik berbahan dasar air. (Baca juga: Cara Aman Berkosmetik saat Berjerawat)

4. Gunakan tabir surya SPF 20

Tabir surya SPF 20 yang berbentuk losion bisa digunakan untuk mencegah jerawat. Losion tabir surya SPF 20 relatif aman dan mudah digunakan. Losion tersebut juga dapat dipakai untuk pengobatan bekas jerawat yang tampak hitam.

5. Konsumsi vitamin

Ist

Ist

Vitamin yang paling dibutuhkan untuk kulit berjerawat adalah vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin tersebut berguna untuk menutrisi kulit. Makanan yang mengandung ketiga vitamin itu antara lain jeruk, tomat, kiwi, almon, sayuran berdaun hijau, paprika, melon, dan telur.

6. Kurangi aktivitas pemicu keringat berlebih

Aktivitas yang memicu keringat berlebih seperti berolahraga ketika cuaca panas bisa menimbulkan jerawat karena kelenjar keringat lebih banyak berproduksi. Selain itu, makanan pedas dan mengandung banyak lemak juga bisa menimbulkan jerawat.

7. Perhatikan faktor lain

Selain faktor kebersihan, ada sejumlah hal yang bisa menyebabkan jerawat, seperti masalah hormon yang sering terjadi sebelum atau sesudah datang bulan, pemakaian kosmetik yang tidak tepercaya, kekurangan vitamin, air yang kurang bersih, dan dehidrasi. (Baca juga: Ciri-ciri Kosmetik Bermerkuri)

8. Gunakan salicyclic acid dan tea tree oil

Usahakan untuk menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung zat salicyclic acid dan tea tree oil. Produk pembersih yang bisa digunakan antara lain sabun muka, toner, dan masker. Produk-produk ini wajib digunakan baik pagi, siang, sore, maupun malam hari sebelum tidur.

9. Konsumsi zinc

Zinc (seng) dikenal punya kemampuan mengontrol pelepasan hormon dan memudahkan tubuh untuk menyerap vitamin A. Oleh karena itu, banyak ahli kecantikan yang menyarankan konsumsi makanan yang mengandung zinc seperti ikan, tiram, dan daging unggas untuk mencegah munculnya jerawat.

10. Konsumsi omega-3

Asam lemak omega diyakini dapat merawatkulit wajah agar jerawat tidak meradang dan membantu mencegah kemunculan jerawat. Makanan yang mengandung omega-3 antara lain ikan salmon, mackerel, sarden, dan biji kenari. Agar hasilnya lebih terlihat, penderita jerawat disarankan memakan dua porsi ikan yang mengandung omega-3 tiap minggu.

Comment di sini