Cara Mudah Mengatasi Anak Malas Sekolah

by
Ist

Ist

CiriCara.com – Ketika pagi hari tiba, terkadang seringkali si anak malas jika disuruh berangkat sekolah. Sesekali malas untuk berangkat ke sekolah merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, jika hal tersebut berlangsung terus-menerus tentunya akan berdampak buruk pada masa depan si anak nantinya.

Untuk menghadapinya, terkadang orangtua membujuk anak dengan iming-iming barang. Selain itu, ada juga orangtua yang menghukum si anak yang malas sekolah. Cara tersebut memang cukup efektif untuk membujuk anak agar mau pergi ke sekolah, tapi tak menumbuhkan kesadaran anak betapa pentingnya sekolah.

Rasa malas itu bisa muncul kapan saja. Hal terpenting yang harus dilakukan oleh orangtua jika anaknya menunjukkan tanda-tanda malas sekolah, seperti malas bangun pagi, tak mau mengerjakan PR, pura-pura sakit, dan lain sebagainya, Ketika sudah mengetahui tanda-tanda tersebut, jangan lansgung memarahinya. Anda harus mencari tahu dahulu apa penyebabnya.

Ada berbagai penyebab yang membuat anak jadi malas sekolah, antara lain menghindari situasi yang tidak menyenangkan, menghindari situasi sosial yang tidak nyaman, seperti bullying, ingin mendapatkan perhatian lebih di rumah, ingin bermain game atau menonton televisi, jarak sekolah jauh, dan lain sebagainya.

Namun bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari beberapa sumber, inilah cara mudah mengatasi anak malas sekolah:

Ist

Ist

1. Jangan biarkan tidur larut malam

Agar si anak tidak lesu dan malas bangun pagi, biasakan agar dirinya tidur cepat pada malam hari. Usahakan agar si anak sudah tertidur pada jam 8 atau 9 malam. Jika si anak terbiasa tidur larut malam, maka membuatnya telat bangun keesokan paginya dan jadi malas untuk pergi ke sekolah.

2. Memperhatikan sekolahnya

Salah satu penyebab anak malas sekolah adanya ingin mendapatkan perhatian lebih dari orangtuanya. Untuk itu, Anda harus memberi perhatian dan bimbingan belajar pada anak. Dengan begitu, si anak akan merasa diperhatikan oleh kedua orangtuanya. Selain itu, si anak juga jadi berpikir bahwa sekolah bukan beban dan mereka akan berangkat sekolah dengan hati riang.

3. Menumbuhkan rasa percaya diri anak

Si anak yang malas sekolah bisa jadi dikarenakan dirinya diejek oleh teman-temannya. Untuk itu, sebagai orangtua Anda harus bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya. Katakan kepadanya bahwa dirinya harus mensyukuri apa yang dimiliki dan tak perlu minder. Selain itu, Anda juga harus memberitahukan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh si anak. Namun, jika ejekan itu masih terus diterima oleh anak, maka coba Anda laporkan kepada pihak sekolah demi kenyamanan si anak.

Itulah cara mudah mengatasi anak malas sekolah. Bagaimanapun juga sebagai orangtua, Anda harus selalu mendukung si anak dan memberikan nasihat untuknya. Pastikan si anak mau pergi ke sekolah dengan hati riang gembira. Jika si anak terpaksa untuk pergi ke sekolah, maka pelajaran tidak akan masuk ke otaknya. (NR)


comments powered by Disqus