Manfaat Akupresur Bagi Kesehatan

by
May 27th, 2013 at 1:46 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Ketika sedang sakit, untuk menyembuhkannya sebagian besar orang biasanya meminum obat atau diberikan suntikan. Akan tetapi, sebelum ditemukannya berbagai jenis obat dan jarum suntik, bangsa China lebih dahulu mengenal teknik akupresur.

Teknik akupresur merupakan metode pemijatan dengan hanya dua tangan. Dengan melakukan metode ini, Anda bisa menjaga kebugaran dan mengatasi beragam keluhan. Dilansir dari Health.Kompas.com, Salomo B Simanjutak, Akp mengatakan bahwa prinsip akupresur merupakan menekan atau merangsang titik-titik akupuntur yang ada di permukaan tubuh.

Prinsip dasar dari pengobatan ini adalah melancarkan kembali energi vital tubuh, yangmana merupakan sumber utama kesehatan dan keseimbangan dalam tubuh. Ketika aliran energi terhambat atau berkurang, tubuh akan terasa sakit. Jika alirannya selaras atau baik, maka derita sakit akan berkurang atau tubuh menjadi sehat.

Teknik ini dilakukan dengan menekan titik tertentu atau disebut dengan acupoint. Menggunakan telunjuk dan ibu jari untuk menstimulasi aliran energi. Kabarnya, pemijatan ini juga bisa diterapkan untuk orang yang mengalami keluhan serius, seperti diabetes, jantung, dan stroke.

Mau tahu di mana saja letak titik-titik pemijatan tersebut? Berikut titik-titik yang bisa dipijat dengan akupresur:

1. Akupresur di sekitar kepala

- Akupresur di titik yang terletak di kepala bagian tengah, antara garis yang menghubungkan kedua telinga dan garis yang ditarik dari bagian tengah hidung. Melakukan pemijatan ini bisa mengurangi rasa tegang di kepala.

- Akupresur di titik yang terletak di sudut mata bagian luar efektif mengurangi rasa tegang di dahi dan nyeri sakit mata.

- Akupresur di titik yang terletak satu ibu jari dari ujung alis mata dan sudut luar mata efektif mengurangi nyeri akibat migrain dan nyeri mata.

Ist

Ist

2. Akupresur untuk pencernaan

- Titiknya terletak empat jari di bawah tempurung lutut yangmana merupakan titik penguat sistem pencernaan dan mengurangi nyeri kepala akibat ketidakseimabangan sistem pencernaan, intoleransi makanan, dan kelalahan.

- Pemijatan di pusar samping kiri kanan efektif memperbaiki fungsi limpa, lambung, usus, dan mengusir angin.

- Pemijatan pada tonjolan di geraham (bagian bawah dalam) mampu menyelaraskan darah dan ritme.

3. Akupresur untuk membuat rileks

- Akupresur di pergelangan tangan (bagian bawah dalam) mampu menyelaraskan darah dan ritme jantung.

- Akupresur di titik yang terletak di kepala bagian tengah, yaitu antara garis yang menghubungkan kedua telinga dan geras yang ditarik dari bagian tengah hidung.

-Titik nyang terletak di dekat pergelangan tangan sejajar dengan jari kelima, efektif membuat rileks tubuh Anda. Selain itu, bisa juga mengurangi kecemasan dan gangguan pada saat tidur.

- Titik yang terletak di antara tendon, tiga jari di atas pergelangan tangan efektif mengurangi kecemasan dan membuat rileks tubuh.

Itulah beberapa titik yang bisa Anda ketahui untuk melakukan akupresur. Anda bisa melakukan pemijatan tiap titik selama 30 detik – 2 menit. Sebelum melakukan pemijatan, pastikan tangan Anda bersih dan dalam posisi duduk atau terbaring. Bagaimana, Anda mau mencoba akupresur di rumah?

(NR)

Comment di sini