Cara Menghindari Derek Liar Saat di Jalan Tol

by
May 28th, 2013 at 1:55 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Apakah Anda pernah mengalami mogok kendaraan di jalan tol kemudian ada petugas derek liar yang berpura-pura hendak menolong? Jika pernah mengalami, maka kejadian tersebut bisa membuat Anda merasa kesal, bukan? Penderek liar yang berkeliaran di jalan tol itu bisa saja memeras para pengendara mobil di jalan tol.

Dari tahun ke tahun, nampaknya penderek liar tak ada habis-habisnya untuk dibicarakan. Mereka semakin lama semakin semena-mena kepada setiap kendaraan yang terkena derek liar. Baru-baru ini ada seorang korban yang mengalami kejadian tersebut. Korban bernama Iwan Hermawan Setiawan, seorang sopir yang mobilnya ingin diderek begitu saja dengan penderek liar.

Dilansir dari Detik.com, Senin (27/5) sekitar pukul 19.00 WIB, Iwan tengah buang air kecil dan terkejut kendaraan yang membawa mesin braile itu sudah dalam kondisi tersambung dengan kendaraan derek para pelaku. Iwan mengaku bahwa dirinya diapit dan mendapat kekerasan fisik lainnya agar mobil yang dikendarainya mau diderek.

Untungnya, pada saat itu ada polisi yang sedang berpatroli dan membantu penyelematan Iwan. Walaupun si penderek sempat bersikap kasar kepada polisi, namun akhirnya penderekan bisa digagalkan. Memang hingga saat ini derek liar masih berkeliaran saja di jalan tol dan banyak orang yang sudah tertipu olehnya.

Bagi Anda para pengendara jalan tol, alangkah baiknya jangan menjadi korban berikutnya oleh si derek liar. Untuk menghindarinya, ada cara yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara menghindari derek liar di jalan tol:

1. Tetap berada di dalam mobil

Jika mobil mogok namun masih bisa menyala, maka sebaiknya Anda tetap berada di dalam mobil. Walaupun ada derek liar yang datang, namun Anda bisa mengatakan kepadanya bahwa mesin mobil dalam keadaan baik, hanya sedang menunggu mesin panas atau dingin saja.

Ist

Ist

2. Berpura-pura menggoyangkan kabel busi

Jika mesin mati, maka buka kap dan pastikan pintu mobil terkunci. Lalu, Anda bisa berpura-pura menggoyangkan kabel busi saja. Jika pelaku derek liar datang, maka Anda bisa mengatakan kalau hanya ada masalah pada kabel businya saja dan sebentar lagi akan selesai diperbaiki. Anda harus terus berpura-pura melakukan cara ini sampai petugas resmi datang. Biasanya pelaku derek liar akan kabur begitu ada petugas resmi atau patroli polisi.

3. Jangan mengendarai mobil terlalu pinggir

Pada saat di jalan tol, sebaiknya jangan mengendarai mobil terlalu pinggir atau memakai jalur darurat dengan kecepatan yang terlalu lambat.

4. Jauhi mobil derek liar

Jika sedang berpapasan dengan mobil derek liar, maka segera jauhkan dengan kendaraan Anda. Selain itu, jangan juga membiarkan pelaku derek liar memeriksa atau menyentuh mesin mobil Anda.

5. Mencatat nomor darurat

Pada saat mengendarai mobil di jalan tol, pastikan Anda mencatat nomor darurat, seperti Polisi atau Jasa Marga sehingga bisa dihubungi dalam kondisi darurat. Selain itu, cara tersebut juga untuk menghindari si penderek liar.

Itulah cara menghindari derek liar di jalan tol. Bagaimanapun juga, si penderek liar hanya berpura-pura menolong Anda namun pada akhirnya akan memeras. Untuk itu, tetaplah waspada selama melaju di jalan tol. (NR)

Comment di sini