Cara Tepat Menghilangkan Jerawat di Wajah

by
May 28th, 2013 at 3:42 pm
Ist.

Ist.

CiriCara.com – Jerawat di wajah adalah salah satu masalah kulit yang paling sering dialami pria dan wanita. Jerawat timbul karena berbagai faktor antara lain kebersihan, tingkat stres, dan perubahan hormon.

Selain berpotensi menghilangkan rasa percaya diri, kedatangan jerawat pun tak bisa diprediksi. Terkadang jerawat datang di saat yang tidak tepat dan meninggalkan bekas luka jika kita terburu-buru menghilangkannya.

Untuk menghindari kemungkinan tersebut, ada sejumlah cara mudah yang bisa ditempuh agar jerawat hilang dari wajah tanpa meninggalkan bekas. Apa saja? Dilansir dari Wolipop.com, inilah 5 cara tepat untuk menghilangkan jerawat di wajah:

1. Menjaga kebersihan tangan

Saat melakukan perawatan terhadap wajah yang berjerawat, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Tangah yang tidak steril berpotensi menyebarkan kuman ke area wajah yang lain sehingga jerawat bisa muncul lebih banyak lagi.

2. Menggunakan sabun alami

Untuk membersihkan wajah yang berjerawat, sebaiknya gunakan sabun organik atau alami. Sabun seperti ini biasanya tanpa pewangi. Selain itu, jangan sering membersihkan wajah dengan sabun karena bisa membuat wajah kering. Cucilah muka dua kali sehari pada waktu pagi dan malam hari menjelang tidur.

Anda juga harus memperhatikan tipe kulit Anda saat membersihkan muka. Jika wajah Anda adalah wajah yang berminyak, cukup gunakan air dingin saja. Air dingin cukup ampuh untuk membersihkan wajah berminyak dan menyegarkannya.

3. Jangan memencet jerawat

Ist.

Ist.

Meski hal ini lazim dilakukan oleh banyak orang, namun memencet jerawat bukanlah jalan keluar yang baik. Hal ini bisa menimbulkan masalah baru seperti timbulnya lubang bekas jerawat pada muka.

Biarkan jerawat mengempis secara sendirinya. Cukup gunakan krim jerawat yang mengandung benzyl peroxide atau salicylic acid. Perhatikan jenis kulit Anda juga. Jika kulit Anda tergolong sensitif, cukup oleskan krim ini sedikit saja.

4. Lakukan steam wajah

Steam wajah adalah cara terbaik untuk menyingkirkan jerawat. Steam atau penguapan dapat dilakukan sendiri di rumah. Langkah ini juga bisa membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah dan menghilangkan kotoran. Caranya, Anda bisa mendekatkan wajah Anda ke sebuah mangkuk atau baskom yang berisi air hangat agar uapnya mengarah ke wajah. Jangan lupa untuk menutup kepala Anda dengan handuk.

5. Memijat muka dengan es batu

Cara alternatif lain yang bisa digunakan untuk menyingkirkan jerawat adalah memijat wajah khususnya bagian yang berjerawat dengan es batu. Perawatan ini bisa mengurangi pembengkakan jerawat dan rasa sakit yang ditimbulkannya.

Itulah cara-cara tepat yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Jika jerawat di wajah Anda tidak kunjung hilang dengan cara-cara di atas, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kecantikan untuk memperoleh pengobatan yang lebih intensif. (RN)

Comment di sini