Gitar Bass Metallica Milik Jokowi Akan Dilelang KPK

by
May 28th, 2013 at 2:38 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Gitar bass pemberian Robert Trujillo, salah satu personel Metallica untuk Jokowi akhirnya dinyatakan sebagai milik negara. Pihak KPK yang menyelidiki dugaan gratifikasi atas gitar tersebut memutuskan untuk melelangnya.

Metrotvnews.com

Metrotvnews.com

Direktur Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi, Giri Supradiyono mengungkapkan bahwa gitar bass tersebut akan dilelang. Pasalnya, gitar tersebut dinilai mengandung unsur kepentingan yang bisa masuk sebagai gratifikasi.

“Bass-nya ada di KPK. Kemungkinan dilelang, kita serahkan ke Kemkeu untuk lelang,” kata Giri Supradiyono di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (28/5/2013).

Menurut Giri, KPK hanya mengembalikan foto Robert Trujillo kepada Jokowi, namun gitar bass-nya tetap disita. Jokowi boleh memiliki gitar bass itu lagi, namun harus mengikuti lelang. “Pak Jokowi bisa memilikinya lagi tapi jadi lebih mahal kan,” tuturnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pihak KPK telah menyita gitar bass milik Jokowi pemberian Robert Trujillo, pemain bass band Metallica. KPK menduga ada unsur gratifikasi dari pemberian gitar tersebut. Apalagi, saat ini Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Jadi itu pemberian terkait jabatan dan diberikan oleh Jonathan Liu sebagai promotor,” ujar Giri kepada para wartawan.

Selain akan dilelang, gitar bass Metallica itu bisa saja disimpan di dalam Museum agar bisa dilihat oleh banyak masyarakat. Kalau tidak, gitar tersebut juga bisa ditempatkan di tempat pembelajaran musik yang memang membutuhkan.

Semua keputusan mengenai gitar bass Metallica milik Jokowi itu ada di tangan pemerintah. Pasalnya, gitar tersebut sudah menjadi milik negara. “Untuk gitarnya milik negara,” kata Giri Supradiyono.

Sementara itu, Jokowi sendiri tidak begitu mempermasalahkan penyitaan gitar oleh pihak KPK. Dia mengaku sudah cukup senang karena bisa memegang gitar yang pernah dimainkan oleh personel Metallica, band rock kesukaannya itu.

“Ya sudah to, yang penting sudah pernah megang,” ujar Jokowi.

Apakah Jokowi akan membeli gitar tersebut saat lelang nanti? (YG)

Comment di sini