Penyebab Wanita Susah Hamil Setelah Lama Menikah

by
May 28th, 2013 at 4:51 pm
penyebab wanita susah hamil

Ist.

CiriCara.com – Anak adalah pelengkap cinta yang dijalin oleh suami dan istri. Setelah menikah, tentunya pasangan suami istri ingin segera mendapat momongan yang didambakan. Namun kenyataannya, banyak sekali pasangan suami istri yang tidak kunjung mendapat anak meski sudah melakukan berbagai macam usaha.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi susahnya pasangan suami istri untuk mendapat anak walau sudah bertahun-tahun menikah. Bisa jadi, sang suami mengalami kemandulan sehingga tidak bisa mempunyai anak. Sedangkan dari pihak wanita, ada beberapa kemungkinan yang membuat sang istri susah untuk hamil antara lain:

1. Umur istri

Umur bukan faktor utama namun kebanyakan wanita yang sudah berada di atas 35 tahun cenderung memiliki kondisi fisik yang tidak mendukung lagi untuk hamil. Dengan kata lain, wanita dalam rentang umur tersebut tidak lagi memiliki tingkat kesuburan yang baik.

2. Salah mengonsumsi obat

Berhati-hatilah ketika Anda mengonsumsi obat karena ada beberapa obat yang mengandung zat-zat penghambat kesuburan wanita. Ada juga obat yang justru menimbulkan gangguan kesehatan serius pada wanita dan berdampak pada potensi kehamilan.

3. Ovarium atau indung telur rusak

Potensi kehamilan juga bisa mengecil jika ovarium atau indung telur pada wanita sudah rusak. Bisanya kerusakan berupa jaringan parut yang terbentuk karena operasi. Munculnya jaringan parut pada usus buntu atau panggul dapat mengganggu potensi wanita untuk hamil.

4. Hormon tidak seimbang

Biasanya wanita dengan kelebihan hormon androgen yang membawa karakter maskulin juga berpotensi susah hamil. Kejadian ini sering dijumpai pada wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas. Akibatnya, sering terjadi gangguan ovulasi dan siklus haid pada sang wanita.

Ist.

Ist.

5. Diet berlebihan dan gaya hidup kurang sehat

Diet mungkin bagus bagi kesehatan namun jika porsinya sudah berlebihan maka hal ini akan mengancam wanita. Obat-obatan pelangsing tubuh serta olahraga yang terlalu ketat akan mengancam kesehata sang wanita. Selain itu gaya hidup kurang sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, hingga terlalu stres juga membuat wanita susah mendapatkan anak.

6. Menopause dini

Terakhir, faktor yang membuat wanita susah membunyai anak adalah menopause yang terlalu dini atau berhentinya siklus menstruasi sebelum 40 tahun.

Sebelum terlambat, sebaiknya wanita mengantisipasi penyebab susahnya memiliki anak seperti yang telah diuraikan di atas. Namun jika Anda adalah salah satu wanita yang belum bisa menjadi calon ibu meski sudah lama menikah, Anda tidak perlu resah. Sekarang, dokter dan ahli medis modern sudah memiliki banyak cara agar Anda dan pasangan segera memiliki anak. (RN)

Comment di sini