Cara Membedakan Sakit Asma dan Jantung

by
May 29th, 2013 at 11:33 am
Ist

Ist

CiriCara.com – Beberapa orang mengira bahwa dirinya mengalami sakit asma dikarenakan sesak nafas yang tidak tuntas atau ada rasa tertekan pada bagian dada. Namun, hal tersebut juga bisa dialami pada seseorang yang mengalami sakit jantung. Terkadang, beberapa penyakit memiliki gejala yang sama atau mirip-mirip.

Penyakit seperti asma dan jantung nampaknya menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar di berbagai penjuru dunia. Untuk membedakan seseorang memiliki penyakit jantung atau asma memang cukup sulit untuk dilakukan. Sebab, ada beberapa gejala awal yang hampir sama. Namun, secara umum ada beberapa poin untuk membedakannya.

Berikut cara membedakan orang sakit asma atau jantung:

Penyakit asma

1. Tidak ada bengkak tungkai

2. Terjadi wheezing (bunyi “ngik” saat buang napas)

3. Tekanan darah normal

4. Denyut nadi cenderung teratur

Ist

Ist

Sesak napas, batuk, dan bengek merupakan gejala awal yang dirasakan si penderita asma. Hal tersebut disebabkan adanya penyempitan dan sumbatan di pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada sehingga saluran udara menjadi terhambat. Ketahuilah bahwa penderita asma akan kambuh jika beraktivitas berlebihan. Aktivitas yang tidak terkontrol mengakibatkan rangsangan sehingga muncul peradangan dan penyempitan pembuluh darah.

Penyakit jantung

1. Disertai bengkak di tungkai

2. Bunyi nafas khas (hanya diketahui melalui pemeriksaan dokter)

3. Tekanan darah meningkat (bisa juga turun)

4. Denyut jantung tidak teratur

Seseorang yang mengalami sakit jantung tiba-tiba akan merasa sakit pada bagian dada dan belakang tulang dada sehingga merasa sesak dan keluar keringat dingin. Nyeri yang dirasakannya itu bisa berulang beberapa menit. Selain itu, si penderita juga akan sangat berkeringat pada malam hari. Lengan bagian dalam dari ketiak sampai siku, bahkan jari-jari terasa kram atau kesemutan.

Itulah cara membedakan orang yang mengalami sakit asma dan jantung. Jika memang menemukan tanda-tanda seperti itu, maka segera konsultasikan pada dokter agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan menunggu sampai penyakit tersebut semakin parah karena akan sulit diobati nantinya. Tetaplah jaga kesehatan tubuh Anda dengan menerapkah pola dan gaya hidup yang sehat. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah terkena berbagai penyakit, termasuk penyakit yang mematikan. (NR)

Comment di sini