Cara Mudah Membuat Blog di WordPress

by
May 29th, 2013 at 2:05 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Apakah Anda pernah mendengar kata WordPress sebelumnya? Atau mungkin yang paling sering Anda dengar adalah kata “blogger” atau “blog”. Selain blogger, WordPress juga bisa menjadi pilihan sebagian blogger Indonesia yang ingin mencoba belajar membuat blog.

WordPress merupakan salah satu penyedia blog gratisan seperti blogger. Sifatnya sama dengan blogger yaitu Anda bisa membuat blog gratis dengan alamat atau subdomain .wordpress.com. Salah satu penyedia blog terfavorit ini memiliki banyak sekali keunggulan yang tidak dimiliki oleh blogger. Namun, ada juga kelemahannya yaitu pembatasan fitur. Jika ingin merasakan fitur yang berfungsi sepenuhnya, maka Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang.

Lalu, apakah Anda berniat membuat blog di WordPress? Jika iya, maka simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Buka www.wordpress.com dari browser Anda

Ist

Ist

Jika sudah membuka alamat situs tersebut, maka Anda bisa melanjutkan mengklik tombol yang bertuliskan “Get Started”. Sebelum melanjutkan untuk mendaftar, ketahuilah bahwa WordPress memiliki dua versi blog, antara lain blog berbahasa Ingrris dan Indonesia. Hal tersebut hanya untuk mempermudah Anda pada pengaturan bahasa blog nantinya.

2. Mengisi data-data yang diminta

Ist

Ist

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data-data pada lembar pendaftaran. Ada empat hal penting yang harus Anda isi yaitu alamat e-mail, username, password, dan blog address. Alamat e-mail harus valid karena melalui alamat e-mail itulah password Anda akan diberikan. Lalu, isi username dan password yang digunakan untuk log in nantinya. Misalnya, username yang dimasukkan adalah ciricara, lalu alamat email nantinya menjadi ciricara.wordpress.com.

Ketahuilah bahwa WordPress tidak seperti Blogspot yang memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengubah alamat URL blog. Sekali alamat itu buat, Anda tak bisa lagi mengubahnya. Untuk itu, pikirkanlah baik-baik dalam menentukan alamat URL.

3. Pilih “Basic”

Ist

Ist

Untuk membuat blog gratis, pilih “Basic”, lalu klik “Sign up”.

4. Periksa kotak masuk e-mail

Ist

Ist

Setelah itu, Anda diminta memeriksa kotak masuk e-mail. WordPress akan mengirimkan e-mail untuk mengaktivasi akun Anda.

5. Lengkapi data mengenai blog

Ist

Ist

Setelah itu, Anda akan masuk ke tahap pertama. Isilah title dengan judul atau nama blog Anda, lalu tagline yang diisi mengenai deskripsi singkat blog. Setelah itu, pilih bahasa sesuai yang diinginkan. Jika sudah semuanya terisi, maka Anda bisa mengkil tombol “Next Step”.

6. Memilih template untuk blog

Ist

Ist

Setelah itu, Anda akan masuk ke “Step 2″ yangmana Anda diminta untuk memilih template yang disukai. Pilihlah sesuai dengan selera Anda, lalu klik tombol “Next Step”. Dan Anda sudah bisa membuat artikel melalui WordPress.

Itulah cara mudah membuat blog di WordPress. Sekarang, Anda sudah bisa log in menggunakan username dan password yang diberikan. Selanjutnya, Anda akan dibawa menuju halaman depan WordPress. Untuk masuk ke Dashboard carilah menu dropdown yang bertuliskan “My Account”. Lalu, pilih global “Global Dashboard”. Dashboard merupakan panel utama Anda untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan blog.

Ist

Ist

Bagaimana, Anda ingin membuaat blog di WordPress? Dari segi penampilan, WordPress memang lebih menyenangkan dan nayaman untuk dilihat. Hal tersebut mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat WordPress disukai oleh para blogger. (NR)

Comment di sini