Cara Tepat Mencegah Tumbuhnya Jerawat di Wajah

by
May 29th, 2013 at 4:15 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Sudah rajin membersihkan wajah, tapi terkadang jerawat tetap saja muncul. Adanya jerawat di wajah nampaknya cukup membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, khususnya bagi wanita.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang bisa mnembuat wajah Anda jadi berjerawat, antara lain terlalu banyak makan makanan yang digoreng, pola tidur yang tidak baik, dan lain sebagainya.

Namun ketahuilah bahwa jerawat bisa saja tidak muncul di wajah asalkan Anda melakukan beberapa pencegahan. Apa saja pencegahan tersebut? Dilansir dari Vemale.com, berikut cara tepat mencegah tumbuhnya jerawat di wajah:

1. Rutin mengganti sarung bantal

Sarung bantal merupakan salah satu lokasi yang paling sering berinteraksi dengan wajah Anda. Baik dalam kondisi makeup, berkeringat, menangis, dan lain sebagainya. Jarang sekali orang yang tahu bahwa jerawat bisa saja berasal dari bantal. Padahal hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan adanya jerawat di wajah. Untuk itu, gantilah sarung bantal Anda, setidaknya seminggu sekali.

2. Memakai pembersih wajah dua langkah

Alamgkah baiknya membersihkan wajah dengan memakai pembersih wajah dua langkah, yaitu susu pembersih dan toner. Susu pembersih mampu membersihkan sisa makeup, melembapkan, dan memberi nutrisi. Sementara toner akan meringkas pori kulit dengan baik sehingga tak ada kotoran yang masuk. Sebisa mungkin, Anda harus melakukannya secara rutin agar terhindar dari jerawat.

Ist

Ist

3. Jangan berganti-ganti kosmetik

Jangan sering berganti-ganti kosmetik karena bisa membuat kulit Anda jadi tidak sehat dan tumbuh jerawat. Beberepa wanita seringkali senang mencoba kosmetik dengan merek dan fungsi tertentu tanpa memperhatikan sensitivitas kulit. Jika memang sudah merasa cocok dengan satu kosmetik, maka jangan mudah tergiur dengan tawaran kosmetik lain untuk memakainya.

4. Membersihkan pori secara teratur

Walaupun sudah rajin membersihkan wajah, namun Anda juga harus rajin membersihkan pori. Lakukan scrubbing yang tak membuat jerawat Anda meradang. Pilih juga pore cleanser yang ramah di kulit. Ketahuilah bahwa pori kulit yang bersih merupakan awal dari kulit yang bersih pula.

5. Mengonsumsi makanan pencegah jerawat

Selain perawatan, ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jerawat yaitu mengonsumsi makanan pencegah jerawat. Apa saja makanan tersebut? Makanan yang mampu menangkal tumbuhnya jerawat, antara lain pepaya, pare, dan tape. Selain itu, Anda juga perlu mengimbangi dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan, serta banyak meminum air putih.

Itulah cara tepat mencegah tumbuhnya jerawat di wajah. JIka tak ingin ada jerawat di wajah, maka lakukan pencegahan seperti cara di atas. Bagaimanapun juga, jerawat di wajah bisa membuat Anda jadi kurang percaya diri, bukan?

(NR)

Comment di sini