Mitos dan Fakta Seputar Ngidam

by
May 29th, 2013 at 3:20 pm
Ist

Ist

CiriCara.comWanita hamil biasanya akan mengalami yang namanya ngidam. Ngidam merupakan si wanita hamil ingin mengonsumsi makanan yang tidak biasa atau ingin melakukan sesuatu hal yang kurang lazim. Untuk  itu, ngidam terbagi menjadi dua macam, yaitu ngidam secara fisik dan psikologis.

Ngidam secara fisik yaitu keinginan makanan ini dan itu yang menandakan tubuh butuh asupan nutrisi tertentu. Sedangkan ngidam fisik yaitu keinginan yang seringkali menyusahkan orang lain. Misalnya, tiba-tiba ingin makan nasi goreng tengah malam.

Dilansir Health.Detik.com, Nurhadi Rahman SPOG mengatakan bahwa biasanya ngidam terjadi di awal kehamilan, tiga bulan pertama. Bukan berasal dari janinnya, melainkan dari proses hormonal yang berubah.

1. Kenapa ngidam saat hamil?

Ngidam yang dialami wanita hamil hampir mirip dengan nafsu makan ketika Anda tidak benar-benar lapar. Jika ngidam makanan, maka berarti Anda sedang membutuhkan zat-zat tertentu yang ada dalam makanan yang diidamkan tersebut. Misalnya Anda ngidam cokelat, berarti tubuh sedang membutuhkan gula. Namun, ada yang berpendapat bahwa ngidam disebabkan akibat aktifnya hormon-hormon selama kehamilan, antara lain meningkatnya kadar progesteron. Naiknya hormon tersebut berpengaruh pada fungsi dan metabolisme tubuh, salah satunya pada organ pencernaan dan produksi air liur.

Ist

Ist

2. Ngidam terjadi di waktu yang tidak tepat

Mungkin ada beberapa wanita yang ngidam tengah malam. Ngidam terkadang memang terjadi pada waktu yang aneh. Misalnya, dini hari, ngidam sesuatu yang tidak musim, dan sebagainya. Ngidam yang dialami wanita hamil menunjukkan akan rasa nyaman dan seringkali untuk bisa memenuhi hal tersebut. Untuk itu, sang suami harus memahami kondisi istri yang seperti itu.

3. Ngidam harus selalu dipenuhi?

Terkadang ada wanita yang rewel untuk selalu dipenuhi ngidamnya. Jika ingin minum es kelapa, maka pada saat itu juga harus dituruti. Anda perlu ingat bahwa salah satu faktor yang perlu diperhatikan pada saat hamil adalah kesehatan. Ngidam yang berhubungan dengan makanan, pastikan Anda mengonsumsinya tidak berlebihan. Sedangkan ngidam psikologis, selama tidak terlalu menyulitkan orang lain Anda bisa melakukannya.

4. Ngidam bisa dialihkan

Jika sedang ngidam yang aneh-aneh, maka Anda bisa mengalihkannya. Misalnya, jalan-jalan ke luar rumah, melakukan hobi, membaca majalah, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda akan teralihkan dari keinginan atau ngidam tersebut dan menjadi lebih sehat saat hamil. Selain itu, pastikan Anda mengetahui kapan membutuhkan suasana yang tenang dan kapan membutuhkan teman bicara.

Itulah fakta-fakta mengenai wanita yang ngidam pada saat hamil. Dilansir dari Okezone.com, Dr Hendrawan Nadesul, konsultan sekaligus penulis buku kesehatan mengatakan bahwa suami yang ikut-ikutan ngidam dikarenakan sensitif terhadap sebuah mitos. Selain itu, ada juga mitos yang mengatakan bahwa ngidam yang tak terpenuhi bisa membuat si anak terus-menerus ngeces. Padahal, hal tersebut tidaklah benar. (NR)

Comment di sini