Tips Diet: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Diet

by
May 29th, 2013 at 10:29 am
Ist

Ist

CiriCara.com – Sebagian besar orang yang ingin memiliki tubuh langsing biasanya akan melakukan diet. Apakah Anda juga memiliki niatan seperti itu? Sebelum melakukan diet, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan asal-asalan melakukan diet karena Anda bisa mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Selain itu, berat tubuh juga bisa kembali naik dengan cepat.

Ada beberapa metode diet yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan tubuh nampak langsing, antara lain diet berdasarkan golongan darah, diet tanpa mengonsumsi nasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak mengikuti mentah-mentah pola diet tertentu. Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum menjalankan diet tersebut.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan? Dilansir dari Timesofindia.Indiatimes.com, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum diet:

1. Tidak semua pola diet cocok dengan Anda

Mungkin salah satu teman Anda berhasil langsing dengan melakukan metode food combining. Akan tetapi, hal tersebut belum tentu berhasil jika Anda lakukan. Ketahuilah bahwa kebutuhan dan nutrisi setiap orang berbeda-beda. Begitu juga dengan pola makan yang harus diterapkan. Sebelum melakukan diet, Anda harus mengetahui dulu kebutuhan nutrisi, komposisi tubuh, aktivitas, dan kondisi kesehatan. Jika sudah mengetahui itu, maka Anda baru bisa menentukan makanan apa yang tepat untuk dikonsumsi dan olahraga apa yang bisa dilakukan. Bila perlu, cobalah konsultasikan dengan ahli gizi.

2. Mengetahui tujuan melakukan diet

Ist

Ist

Sebelum melakukan diet, Anda juga harus mengetahui tujuannya. Misalnya, tujuan Anda adalah agar terlihat sempurna saat memakai gaun atau untuk mencegah diabetes? Dengan mengetahui tujuannya, tentunya Anda bisa menetapkan target yang rasional. Buatlah target yang Anda yakin bisa diikuti dan dicapai. Misalnya, perbanyak makan sayur dan buah-buahan dan mengurangi mengonsumsi daging.

3. Diet yang dijalani aman atau tidak?

Mungkin Anda ingin mengikuti metode diet tertentu, namun pastikan informasi tersebut didukung dan direkomendasikan oleh ahlinya. Jika Anda mendapatkannya dari internet, maka lihatlah dari website kesehatan yang terpercaya. Bila perlu, Anda konsultasikan dahulu dengan ahli gizi.

4. Pastikan Anda memenuhi semua nutrisi

Saat sedang melakukan diet, Anda tak boleh menghilangkan atau mengurangi secara drastis nutrisi untuk tubuh. Diet yang sehat harus memenuhi nutrisi karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Namun, pilihlah nutrisi yang berasal dari makanan sehat dan rendah kalori. Ketahuilah bahwa semua nutrisi itu sangat diperlukan untuk menjaga metabolisme tubuh.

5. Perlukah mengonsumsi suplemen tambahan?

Saat ini banyak sekali suplemen yang mengiming-imingi bisa menurunkan berat badan. Ketahuilah bahwa pil suplemen kalsium atau protein bukanlah “makanan ajaib” yang bisa menurunkan berat badan jika tidak diimbangi dengan pola makan sehat. Jika merasa Anda telah menerapkan pola makan sehat dan seimbang, maka lebih baik tidak mengonsumsi suplemen tambahan tersebut.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan diet. Perlu Anda ingat juga bahwa metode diet yang sehat tidak menjanjikan hasil yang instan. Diperlukan niat yang kuat dan kesabaran untuk mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan. (NR)

Comment di sini