5 Penyakit Menular yang Harus Diwaspadai pada Anak

by
May 30th, 2013 at 4:22 pm
Corbis

Corbis

CiriCara.com – Lingkungan yang kurang bersih dan cuaca ekstrem bisa menjadi salah satu penyebab penyabaran penyakit. Namun, saat ini masih ada beberapa masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Padahal, dengan hidup bersih tentunya Anda akan memiliki tubuh yang sehat.

Penyakit bisa menyerang siapa saja, baik wanita, pria, orang dewasa, ataupun anak-anak. Penyakit yang dikenal ada dua macam, yaitu penyakit menular dan tidak menular. Biasanya, anak-anak yang paling rentan terkena penyakit baik itu yang menular maupun tidak.

Namun, kali ini CiriCara akan membahas mengenai penyakit yang menular. Penyakit yang mampu menular ke orang lain biasanya penyebarannya dilakukan melalui perantara dan bisa juga secara langsung. Perantara yang biasa terjadi misalnya seorang anak yang berbagi gelas yang berisi air dengan temannya yang sedang menderita penyakit menular.

Dengan begitu, virus akan mudah hadir dan membuat anak ikut menjadi sakit. Ada beberapa penyakit yang bisa dengan mudah menyerang anak. Apa saja? Dilansir dari Tipsanak.com, berikut 5 penyakit menular yang harus diwaspadai pada anak:

1. Diare

Diare merupakan salah satu penyakit menular di mana si penderita akan mengalami buang air besar atau (BAB) secara terus-menerus dengan kondisi feses yang mengandung banyak air. Penyebabnya antara lain adanya penyakit dalam makanan, kelebihan vitamin C, dan lain sebagainya. Jangan menganggap remeh diare karena bisa menyebabkan kematian.

2. Influenza

Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang menyerang organ pernapasan dan termasuk jenis penyakit yang mudah sekali menular. Penderita biasanya akan mengalami gejala, seperti menggigil, demam, sakit kepala, serta nyeri pada bagian punggung. Jika si anak mengalaminya, maka Anda bisa langsung memberikan air hangat dan makanan berkuah yang hangat lebih sering. Selain itu, pastikan anak cukup beristirahat agar daya tahan tubuhnya kembali.

Ist

Ist

3. Muntaber

Jika si anak muntaber, maka cairan tubuh yang ada di dalam tubuhnya akan berkurang dengan cepat. Dampaknya sangat parah dan bisa mematikan, apalagi jika dialami oleh anak-anak dan bayi. Jika suhu tubuh anak meningkat, ada rasa mual yang berlebihan, tinja cair daan berbusa, dan BAB 5-10 kali dalam sehari, maka Anda harus seger membawanya ke dokter untuk diperiksa.

4. Cacar

Cacar merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster dengan sifat yang menular. Si penderita biasanya memiliki sekumpulan bintik-bintik kecil yang membuatnya merasa gatal. Efek jangka panjang yang ditimbulkan pada anak bisa berupa cacat pada kulit hingga kebutaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melihat tips cara mengatasi cacar pada anak.

5. Demam berdarah

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang menular karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menyimpan virus pada telrnya dan menularkannya melalui gigitan. Nyamuk jenis ini bisa menggigit dalam periode waktu yang relatif bisa ditentukan. Biasanya terjadi pada pukul 09.00-10.00 pagi dan 16.00-17.00 sore.

Itulah 5 penyakit menular yang harus diwaspadai pada anak. Jika si anak mengalami gejala-gejala yang berpotensi mengalami sakit menular tersebut, maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter agar ditangani lebih lanjut dan tepat. Jangan sampai, Anda baru mengetahuinya ketika sakit itu sudah parah. Selain itu, jagalah kebersihan si anak dan sekitarnya agar dirinya selalu sehat. (NR)

Comment di sini