Isi Percakapan Ahmad Fathanah dan Luthfi Hasan di Telepon

by
May 30th, 2013 at 3:13 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Hari Rabu, 30 Mei 2013, terdapat sidang lanjutan untuk terdakwa kasus suap impor daging sapi, Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi. Sidang lanjutan tersebut digelar di Pengadilan Tipikor di Jakarta.

Tribunnews

Tribunnews

Dilansir dari Merdeka.com, dalam persidangan kali ini, agenda yang diadakan yaitu mendengar keterangan dari sejumlah saksi termasuk saksi ahli, Jamaluddin, yang merupakan penerjemah Bahasa Arab dari Kedubes Arab Saudi.

Jamaluddin juga diminta oleh Ketua Majelis Hakim, Purnomo Edi untuk menerjemahkan percakapan Luthfi Hasan Ishaaq dan Ahmad Fathanah yang dilakukan menggunakan Bahasa Arab.

“Silakan saksi terjemahkan Bahasa Arab yang ada dalam teks yang ada di gambar ini,” ujar Hakim Purnomo kepada sumber berita.

Jamaluddin lalu mulai menerjemahkan percakapan tersebut. Begini bunyi teks yang diterjemahkannya:

Luthfi: Besok pagi, dengerkan saya mau bicara bahasa Arab, Dia (laki-laki)… Dia (perempuan)..akan memasukkan 8000 ton daging. Dengar 8000 ton daging dia akan memberikan 40 miliar tunai.

Fathanah: Dagingnya 1000 dia mau berapa? Kalau bisa 10, 20, 30

Luthfi: Saya akan minta 10 ribu, ton

Fathanah: 50 miliar

Luthfi: Nanti akan minta setidaknya segitu. Besok pagi. Nanti pagi-pagi kira-kira Rp 40 miliar.

Fathanah: Betulkah?

Luthfi: Besok jemput saya di airport.

Fathanah: Baik saya akan jemput Anda.

Ketika dikonfirmasi kembali Jamaluddin mengatakan bahwa inti dari percakapan itu adalah sebuah pembicaraan tentang sebuah yang menguntungkan.

“Yang jelas dari kalimat yang disampaikan itu ada pembicaraan yang sifatnya transaksional yang menguntungkan,” katanya lagi. (RN)

Comment di sini