PNS dan Karyawan Akan Diwajibkan Ikut Latihan Militer?

by
May 30th, 2013 at 4:56 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kamis, 30 Mei 2012, draf RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara telah diajukan dan diterima oleh Komisi I DPR RI. RUU Komponen Cadangan tersebut mengatur agar para PNS dan pekerja atau buruh untuk wajib menjadi anggota komponen cadangan.

ciricara.com-latihan militer di indonesia

Tempo

Diberitakan oleh Detik.com, nantinya sebagai anggota komponen cadangan tersebut, para PNS dan buruh akan dilatih militer. Kedua jenis pegawai tersebut akan diposisikan sebagai komponen cadangan jika sewaktu-waktu negara sedang mengalami perang.

“Dari sisi SDM itu dengan melakukan rekrutmen warga sipil yang dilatih pendidikan militer tetapi mereka menjadi pasukan cadangan pasif yang sewaktu-waktu bisa diaktifkan jika dibutuhkan,” kata Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq, Kamis, 30 Mei 2013 kepada sumber berita, Detik.com.

Sementara pengangkatan anggota komponen cadangan sudah diatur dalam pasal 8 RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara antara lain:

1. Pegawai Negeri Sipil, pekerja dan/atau buruh yang telah memenuhi persyaratan wajib menjadi Anggota Komponen Cadangan.

2. Mantan prajurit TNI yang telah memenuhi persyaratan dan dipanggil, wajib menjadi Anggota Komponen Cadangan.

3. Warga negara selain Pegawai Negeri Sipil, pekerja dan/atau buruh dan mantan prajurit TNI sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), dapat secara suka rela mendaftarkan diri menjadi Anggota Komponen Cadangan sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan.

Meski masih berupa poin-poin namun pembahasan RUU Komponen Cadangan di Komisi I DPR RI belum dimulai. Apabila draf RUU disetujui maka bukan tidak mungkin bahwa sebentar lagi latihan militer diwajibkan bagi PNS dan karyawan serta buruh di Indonesia. (RN)

Comment di sini