Tips Diet: Cara Tepat Mengontrol Nafsu Makan

by
May 30th, 2013 at 3:15 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Anda memiliki permasalahan pada berat badan? Atau ingin mempertahankan tubuh ideal yang dimiliki saat ini? Salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah mengontrol nafsu makan dan memperhatikan nutrisi makanan yang diasup.

Mengontrol nafsu makan sangatlah penting untuk mendapatkan tubuh yang nampak sempurna. Akan tetapi, banyak wanita yang mengeluh karena kesulitan untuk mengontrol nafsu makan. Misalnya, pada saat sedang stres. Biasanya beberapa wanita ingin mengonsumsi makanan yang manis-manis.

Ketika seseorang sedang mengalami stres, otak menginstrusikan tubuh untuk meningkatkan penyimpanan energi yang lebih tinggi sehingga selalu merasa lapar dan ingin makan yang manis-manis. Ketahuilah bahwa asupan gula yang tinggi menyebabkan terjadinya lonjakan insulin dalam darah. Akibatnya, produksi hormon leptin berkurang dan kemampuan dalam mengirimkan sinyal ke tubuh juga akan berkurang.

Lalu, bagaimana cara untuk mengontrol nafsu makan tersebut? Dilansir dari Female.Kompas.com, Robert Lustig, profesor bidang pediatric dari University of California, membagikan tips-nya untuk Anda. Berikut cara tepat mengontrol nafsu makan:

1. Duduk saat makan

Biasanya, sebagian besar orang pada saat sedang menghadiri pesta akan berdiri saat dirinya sedang makan. Namun, jangan biasakan hal tersebut karena Anda akan cenderung lebih banyak makan dan cepat. Anda tak akan menyadari berapa banyak kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, Anda disarankan agar selalu duduk saat memasukkan apapun ke dalam mulut.

Ist

Ist

2. Utamakan asupan protein

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi protein saat makan, terlebih saat sarapan. Asupan protein yang dikonsumsi pada pagi hari akan mengurangi rasa lapar pada siang hari. Untuk itu, perbanyaklah asupan protein, seperti mengonsumsi tempe, kacang-kacangan, dan ayam untuk memperlambat proses pencernaan dan mengurangi risiko lonjakan insulin.

3. Perbanyak mengonsumsi serat

Serat memang sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sedanag diet. Namun sayangnya, dalam berbagai makanan olahan serat seringkali dikurangi atau bahkan dihilangkan untuk menghasilkan makanan bertekstur halus. Agar Anda tidak cepat merasa lapar, lebih baik perbanyak mengonsumsi serat setiap harinya. Serat berguna untuk menghentikan lonjakan glukosa yang memuncak tiba-tiba.

4. Batasi mengonsumsi  gula

Diet gula merupakan salah satu cara terbaik untuk mengontrol nafsu makan Anda. Agar diet lebih mudah dilakukan, Anda bisa memulainya dengan mengurangi penggunaan gula untuk masakan atau minuman sehari-hari. Anda harus membatasi untuk mengonsumsi gula atau makanan dan minuman yang manis-manis. Alangkah baiknya, mengonsumsi gula satu kali dalam seminggu saja.

5. Berolahraga 15 menit setiap hari

Olahraga 15 menit setiap hari bisa meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, menurunkan insulin, dan meningkatkan sinyal leptin. Dengan berolahraga setiap hari bisa membantu meningkatkan kembali sel tubuh sehingga lebih reseptif terhadap insulin. Selain itu, olahraga juga bisa membakar lemak dan membantu membentuk otot.

Itulah 5 cara yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa mengontrol nafsu makan dan diet berjalan lancar. Pastikan juga Anda tidur delapan jam setiap harinya. Orang yang tidur dari delapan jam akan mengalami fluktuasi hormonal. Nafsu makan akan cenderung meningkat ketika hormon-hormon dalam tubuh berfluktuasi. (NR)

Comment di sini