Cara Agar Proses Persalinan Lancar

by
May 31st, 2013 at 11:24 am
Ist

Ist

CiriCara.com – Beberapa calon ibu biasanya akan merasa cemas atau ketakutan ketika kehamilannya mendekati persalinan. Ketakutan tersebut disebabkan banyak cerita-cerita yang menakutkan seputar bersalin, seperti pendarahan, bayi susah keluar, dan lain sebagainya.

Dilansir dari Female.Kompas.com, dr Dara Ardiansjah, SpOG dari MRCCC Siloam Semanggi mengatakan bahwa ketakutan yang dialami oleh wanita hamil itu malah akan menyebabkan proses persalinan menjadi lebih sulit. Selain itu, faktor emosi dan ketakutan yang dialami wanita hamil juga akan mengurangi tenaga dan semangat saat bersalin.

Untuk itu, bagi wanita hamil yang sudah mendekati persalinan sebaiknya harus tetap merasa bahagia agar proses persalinan berjalan lancar. Selain itu, ada hal lain yang harus Anda lakukan. Dilansir dari sumber yang sama, berikut tips agar proses persalinan lancar:

1. lebih sering bergerak

Walaupun perut sudah membesar, namun jangan malas untuk bergerak. Ketahuilah bahwa kehamilan yang sudah memasuki 37 minggu lebih itu Anda disarankan untuk lebih aktif bergerak, seperti jalan-jalan pada pagi atau sore hari. Pada saat mendekati kelahiran, bayi akan bergerak memasuki rongga panggul ibu sehingga memicu kontraksi yang cukup sering. Keaktifan Anda bergerak saat hamil memudahkan bayi bergerak bebas sekaligus menekan rasa sakit yang dirasakan si ibu.

2. Sugesti positif pada diri sendiri

Setiap wanita hamil tentunya memiliki pengalaman kehamilan dan proses persalinan yang berbeda-beda. Hal-hal yang dialami oleh orang lain belum tentu bisa dialami juga oleh Anda. Untuk itu, Anda harus sugesti positif diri sendiri agar kehamilan jadi lebih menyenangkan. Selain itu, Anda juga bergabung ke dalam komunitas bumil, berkonsultasi pada ibu, kakak perempuan, dan dokter kandungan. Jika ketakutan dan rasa cemas itu hilang, maka hormon adrenalin akan menurun dan otot menjadi lebih rileks.

Ist

Ist

3. Berhubungan seks saat hamil

Keadaan saat hamil terkadang membuat sejumlah wanita malas untuk berhubungan seks. Namun ketahuilah bahwa berhubungan seks pada saat hamil sebenarnya aman dilakukan asalkan tidak memakai gaya yang aneh-aneh. Dr Dara mengatakan bahwa berhubungan seks pada saat hamil bermanfaat untuk merangsang keluarnya hormon oksitosin (hormon yang membuat suasana jadi gembira). Namun jangan melakukannya jika Anda mengalami masalah plasenta yang merembas.

4. Menstimulasi puting

Bukan hanya dirangsang melalui hubungan seks, tapi hormon oksitosin akan keluar jika Anda menstimulasi puting. Stimulasi puting bisa dilakukan oleh pasangan atau sendiri. Untuk menstimulasinya, Anda bisa meraba daerah areola (bagian yang berwarna kecokelatan) selama beberapa menit.

5. Mengalihkan rasa sakit

Saat ini semakin banyak teknik melahirkan yang bisa mengurangi rasa sakit. Misalnya, water birth, hypnobirthing, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk mengalihkan rasa sakit Anda juga bisa sambil menonton televisi, mendengarkan musik, mencium aromaterapi, dan lain sebagainya.

Itulah cara agar proses persalinan berjalan lancar. Pada saat hamil, Anda harus yakin bahwa bisa melewati proses persalinan dengan lancar. Melahirkan memang sakit, tapi tak perlu menjadi cemas ataupun marah-marah. Anda harus tetap memasang wajah ceria walaupun merasa sakit. Hal tersebut akan membantu Anda lebih tenang dan orang-orang yang membantu proses persalinan juga ikut senang. (NR)

Comment di sini