Cara Tepat Mencegah Kanker Serviks

by
May 31st, 2013 at 3:16 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Salah satu penyakit yang mengintai kaum hawa adalah kanker serviks. Kanker serviks atau yang disebut juga dengan kanker mult Rahim disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Hingga saat ini, kanker serviks menjadi momok yang menakutkan wanita karena paling banyak menyebabkan kematian.

Dilansir dari Health.Kompas.com, Menurut data dari International Agency for Research on Cancer tahun 2004, setiap jam seorang wanita meninggal dunia karena kanker serviks. Agar tidak terkena kanker mulut rahim, Anda bisa mencegahnya.

Apa saja pencegahan yang bisa Anda lakukan? Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara tepat mencegah kanker serviks:

1. Vaksinasi HPV

Pencegahan kanker serviks salah satunya adalah dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini atau skrining. Dilansir Helath.Kompas.com, Iris Rengganis, dokter spesialis penyakit dalam RSCM mengatakan bahwa vaksinasi dilengkapi dengan skrining akan mengurangi risiko kanker serviks dibanding dengan hanya melakukan skrining saja.

Vaksinasi bisa mencegah penyakit akibat infeksi HPV tipe 6, 11, 16, 18. Ketahuilah bahwa tipe 16 dan 18 merupakan penyebab utama pada 70% kasus kanker serviks di dunia dan tipe 6 dan 11 merupakan penyebab kutil kelamin. Untuk mencegah infeksi HPV perlu dilakukan vaksinasi yang dilakukan sebanyak 3 kali, yaitu pada bulan ke-0, 2, dan 6. Biasanya, satu kali penyuntikan dikenakan biaya sebesar Rp. 700 – 800 ribu.

Corbis

Corbis

2. Tidak melakukan hubungan seksual pada usia dini

Sangat penting menjaga organ kewanitaan agar terhindar dari salah satu penyakit mematikan tersebut. Untuk itu, jangan pernah melakukan hubungan seksual pada usia dini, apalagi bagi yang belum menikah. Selain bisa terkena kanker mulut rahim, hal tersebut juga bisa merugikan diri Anda sendiri. Bagi yang sudah menikah, Anda juga disarankan untuk tidak berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual.

3. Mengonsumsi sayur dan buah-buahan

Selain membuat Anda jadi sehat, mengonsumsi sayur dan buah-buahan juga bisa menghindari Anda terkena kanker serviks. Sayuran yang berwarna hijau tua dan kuning banyak mengandung beta karoten, vitamin C, dan E yangmana sangat baik untuk Anda konsumsi. Sayuran tersebut, antara lain brokoli, wortel, bayam, dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, baca juga 6 makanan yang bisa mencegah kanker serviks.

Itulah cara tepat mencegah kanker serviks. Dilansir dari Health.Detik.com, dr Junita Indarti, SpOG(K), pimpinan unit Women Health Center RSCM mengatakan bahwa baik yang belum ataupun sudah melakukan hubungan badan dengan usia di bawah 50 ntahu harus mendapatkan vaksinasi HPV dan rutin menjalankan pemeriksaan. Kanker serviks bisa dicegah sejak dini jika rutin melakukan pemeriksaan sitologi atau HPV. (NR)

Comment di sini