Tips Diet: Cara Mudah Memulai Diet

by
May 31st, 2013 at 10:16 am
Ist

Ist

CiriCara.com – Anda ingin memiliki tubuh langsing dan sempurna? Untuk mewujudkan hal tersebut, biasanya sebagian besar wanita akan melakukan diet. Tapi terkadang, wanita bingung cara untuk memulai diet yang benar.

Perlu diketahui bahwa diet yang tepat sebaiknya tak menyiksa diri Anda. Misalnya, tidak makan malam atau meninggalkan untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat. Diet yang benar Anda disarankan hanya untuk mengubah kebiasaan makan dan melakukannya secara tekun. Dengan begitu, berat badan akan menjadi ideal seperti yang Anda inginkan.

Lalu, kebiasaan-kebiasaan apa yang perlu diubah agar diet berjalan lancar. Dilansir Female.Kompas.com, Erin Shade, ahli nutrisi dan peneliti dari Fred Hutchinson Cancer Researh Center memberikan tips-nya untuk Anda. Berikut cara mudah memulai diet:

1. Makan saat lapar saja

Sangat disarankan untuk makan pada saat lapar saja. Anda disarankan untuk makan sehari lima kali, tapi dalam porsi kecil.

2. Makan sepuasnya di rumah

Sebuah studi menunjukkan bahwa makanan rumahan biasanya memiliki kalori lebih rendah dibandingkan segala makanan yang ada di restoran. Jika merasa kurang dan masih lapar, maka Anda bisa menambah sesuka hati. Namun, jangan berlebihan hingga membuat Anda merasa kekenyangan.

3. Membagi porsi makan

Salah satu cara ini bisa Anda terapkan pada saat makan di restoran. Sebelum melahapnya, Anda harus mebagi makanan tersebut menjadi dua. Letakkan pada piring lain atau berikan kepada pasangan atau kerabat. Cara ini bisa mengontrol nafsu makan atau menekan Anda agar tidak makan terlalu banyak.

4. Mengemil dengan cerdas

Ist

Ist

Pada saat mengemil, jangan langsung mengambil camilan dari plastik pembungkus. Anda hanya boleh mengambil beberapa saja dan meletakannya di piring kecil. Lalu, simpan kembali camilan yang masih tersisa itu.

5. Jangan makan sambil nonton TV

Ketahuilah bahwa menyantap makanan sambil menonton TV bisa bikin gemuk. Sudah banyak studi yang menunjukkan bahwa orang cenderung makan lebih banyak dan kurang bernutrisi ketika melakukannya sambil menonton televisi.

6. Makan lebih sering dalam porsi kecil

Untuk mencegah rasa lapar di tengah-tengah waktu, Anda disarankan untuk lebih sering makan tapi dalam porsi kecil saja. Jika merasa lapar sebelum jam makan tiba, maka Anda akan makan lebih banyak dan cepat sehingga diet menjadi gagal.

7. Mengonsumsi buah atau sayur

Usahakan agar Anda selalu mengonsumsi buah atau sayur setiap harinya. Mengonsumsi serat setiap hari merupakan cara ampuh agar diet berjalan lancar. Buah dan sayur sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan Anda.

8. Jangan minum minuman bersoda

Untuk memulai diet, sebusa mungkin hindari minuman berisi nol kalori atau bersoda, seperti juice drink dan lain sebagainya. Biasanya, minuman tersebut mengandung banyak gula.

9. Tidur yang cukup setiap hari

Ketahuilah bahwa kekurangan tidur bisa meningkatkan kadar hormon, seperti kortisol, hormon pertumbuhan, dan insulin yang bisa memicu penimbunan lemak dalam tubuh. Pastikan Anda tidur 7-8 jam setiap harinya.

Itulah cara mudah memulai diet. Jangan lupakan juga untuk berolahraga setiap hari selama 15 menit. Dengan begitu, secara bertahap Anda akan mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan. Perlu Anda ketahui bahwa diet sehat tidak akan menunjukkan hasil secara instan. Untuk itu, Anda harus tekun melakukan kebiasaan sehat tersebut. Bagaimana, Anda mau memulai diet dan hidup sehat mulai saat ini?

(NR)

Comment di sini