6 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

by
June 3rd, 2013 at 3:08 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Selain kanker serviks, ternyata kanker payudara juga dinyatakan sebagai jenis penyakit kanker yang menyebabkan kematian pada wanita. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa tahun 2020 nanti jumlah kasus kanker payudara akan meningkat.

Namun, ada beberapa cara untuk mencegah terkena kanker payudara. Selain rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa makanan sehat.

Dilansir dari Tnol.co.id, Tina Sapra, ahli gizi klinis senior dan koordinator dari Fortis Memorial Research Institute dan Dr Vandana Mathur, konsultan gizi dari Metropolis Health, Mumbai memberikan tips untuk Anda mengenai makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara.

Apa saja? Berikut 6 makanan untuk mencegah kanker payudara:

1. Ikan salmon

jenis ikan yang satu nini kaya akan kandungan omega-3, vitamin B12, dan vitamin D. Jika Anda sering mengonsumsinya, maka bisa mencegah kanker. Bahkan, beberapa jenis vitamin B12 (Methylcobalamin) yang ada pada salmon terbukti efektif dalam pengobatan kanker. Anda bisa mengolah ikan salmon menjadi masakan yang lezat. Misalnya, dikukus, dipanggang, atau ditumis yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan bumbu rempah.

2. Sayuran berdaun hijau

Berbagai jenis sayuran yang berdaun hijau, seperti kangkung, bayam, lobak, dan lain sebagainya merupakan nutrisi terbaik yang dibutuhkan tubuh untuk menangkis pertumbuhan sel-sel kanker. Sayuran hijau tersebut kaya akan serat, vitamin B, fitokimia, klorofil, dan zat-zat lainnya yang sangat menyehatkan tubuh.

3. Mengonsumsi brokoli

Ist

Ist

Sayuran yang berwarna hijau satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena bisa mencegah kanker. Brokoli kaya akan sulforophane dan indoles yang bermanfaat untuk mengatur pertumbuhan sel serta membantu melawan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kemih, limfoma, prostat, dan paru-paru.

4. Bawang putih

Alium merupakan salah satu senyawa yang ada dalam bawang putih untuk melawan kanker payudara. Selain bawang putih, bawang merah dan jenis bawang lainnya juga mampu memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah terkena kanker payudara, kolorektal, dan prostat. Untuk itu, tak ada salahnya mengonsumsi sepotong bawang putih setiap pagi untuk membantu Anda mencegah pengembangan kanker.

5. Delima

Salah satu buah yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah terkena kanker adalah delima. Buah delima mengandung polifenol-asam ellagic dengan antioksidan yang bisa membantu mencegah pertumbuhan kanker.

6. Kacang Brazil

Kacang Brazil kaya akan selenium, serat, dan phytochemical yang bisa membantu melawan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah pertumbuhan kanker. Jenis kacang yang satu ini bisa Anda nikmati dengan campuran kacang lain atau buah-buahan.

Itulah cara sehat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah terkena kanker payudara. Bagaimana, Anda mau menerapkannya agar tak terkena kanker payudara?

(NR)

Comment di sini