7 Legenda Urban Mengerikan di Jepang

by
June 3rd, 2013 at 11:23 am

CiriCara.com – Hampir setiap daerah di muka bumi ini memiliki kisah misteri yang menjadi legenda setelah dituturkan dari generasi ke generasi.

Di Indonesia, ada kisah angker tentang Si Manis Jembatan Ancol atau Pastor Kepala Buntung di Jakarta. Negara lain pun memiliki legenda urban yang bersifat mistis. Jepang misalnya, mengenal beberapa  legenda urban yang masih dipercaya kebenarannya oleh sebagian orang.

Berikut 7 legenda urban mengerikan di Jepang:

1. Aka Manto

Ist

Ist

Aka Manto adalah roh yang menghantui kamar mandi perempuan. Roh ini dipercaya sering hinggap di toilet yang terletak paling pojok, jauh dari pintu. Aka Manto akan menanyakan kepada korbannya apakah mereka ingin kertas merah atau kertas biru.

Bila korban menjawab kertas merah, maka korban akan dibunuh dengan ganas dan dibuat berdarah-darah. Tapi jika menjawab kertas biru, maka korban akan dibunuh dengan cara dicekik tanpa darah keluar namun wajah atau kulit akan membiru.

Jika korban menjawab kertas warna lain, konon akan muncul tangan dari toilet yang kemudian menarik korban menuju neraka. Satu-satunya cara agar terhindar dari kematian adalah menolak apapun tawaran Aka Manto.

 2. Penumpang Misterius

Ist

Ist

Legenda urban yang satu ini bisa dibilang mirip dengan legenda urban di negara lain. Ada sebuah kisah di Jepang tentang penumpang taksi misterius. Penumpang ini akan menaiki taksi dan meminta supirnya untuk menuju tempat yang tidak pernah dia ketahui sebelumnya.

Penumpang tersebut meyakinkan supir bahwa dia akan memberi tahu jalannya sehingga tidak akan tersesat. Namun kemudian supir taksi dibawa berputar-putar.

Ketika supir taksi menoleh ke belakang karena marah, penumpang sudah hilang. Saat kembali ke kemudi, supir akan mendapati jurang terbentang di depan.

 3. Gozu

Ist

Ist

Gozu adalah legenda urban Jepang tentang cerita yang dikenal dengan nama “Cow Head” atau “Kepala Sapi”. Cerita ini disebut amat menyeramkan sehingga membuat mereka yang mendengarnya merasa sangat ketakutan hingga meninggal beberapa hari setelahnya.

Konon, seorang guru pernah menceritakan kisah ini kepada murid-muridnya. Akhirnya baik guru maupun murid mengalami gangguan katatonik dan hilang ingatan. Cerita “Kepala Sapi” disebut-sebut merupakan karangan penulis sains fiksi Sakyo Komatsu yang belum diterbitkan, namun tidak ditemukan hubungan antara legenda dan penulis tersebut.

 4. Jinmenken

Tumblr

Tumblr

Jinmenken adalah anjing dengan rupa manusia. Makhluk ini konon sering muncul pada malam hari dan berlarian di jalanan dengan kecepatan yang amat tinggi.

Jinmenken bisa berbicara namun bicaranya kasar atau meminta untuk ditinggalkan sendiri. Tidak seperti legenda urban Jepang lainnya, Jinmenken tidak membunuh orang yang tak sengaja menemuinya di jalan.

 5. Kuchisake-onna

Creepy Pasta

Creepy Pasta

Kuchisake-onna adalah makhluk perempuan misterius yang mulutnya robek. Anak-anak yang berjalan sendirian di malam hari bisa menjumpai Kuchisake-onna yang mengenakan masker operasi.

Makhluk tersebut akan bertanya kepada anak, “Apakah aku cantik?” Jika dijawab “tidak”, maka dia akan membunuh anak itu dengan menggunakan gunting yang selalu dia bawa. Bila dijawab “iya”, maka dia akan membuka masker dan bertanya, “Bagaimana kalau sekarang?”

Jawaban “iya” atau “tidak” tidak akan menyelamatkan nyawa sang anak. Untuk menyelamatkan diri, anak harus menjawab “Lumayan” atau bertanya balik “Apakah aku cakep?”. Jawaban tersebut akan membuat dia bingung sehingga ada kesempatan untuk melarikan diri.

Selain itu, anak bisa juga melemparkan buah atau permen ke arahnya. Ketika dia mengambil, kesempatan untuk lari terbuka lebar.

 6. Teke Teke

Ist

Ist

Teke Teke adalah hantu perempuan muda yang tubuhnya terlindas kereta sehingga terpotong menjadi dua setelah dikejar oleh gerombolan orang jahat. Setelah meninggal, roh perempuan tersebut penasaran.

Roh lalu gentayangan dengan cara menyeret tubuh bagian atasnya sambil membawa gergaji. Jika menemui orang yang tak bisa melarikan diri, dia akan memotong tubuh korban sehingga membuatnya menjadi Teke Teke pula.

 7. Toire no Hanako-san

Ist

Ist

Toire no Hanako-san merupakan legenda terkenal asal Jepang yang populer di kalangan anak sekolah. Legenda ini berkisah tentang roh siswi SD yang penasaran karena menjadi korban bullying.

Hanako-san konon menghantui bilik toilet ketiga di kamar mandi perempuan. Roh ini memiliki sepasang mata yang menyeramkan sehingga membuat takut semua orang yang menatapnya. Namun, Hanako-san hanya menakut-nakuti korbannya, tidak membunuhnya.

(hp)

Comment di sini